Uskup Ketapang Mgr. Pius Riana Prapdi Lakukan Kunjungan Pastoral ke Sikka

Uskup Ketapang Mgr. Pius Riana Prapdi Lakukan Kunjungan Pastoral ke Sikka

Tribratanewssikka.com.maumere  – Pada Jumat, 23 Agustus 2024, Uskup Ketapang Mgr. Pius Riana Prapdi mengadakan kunjungan pastoral ke dua lokasi penting di Kabupaten Sikka, yakni Stasi St. Dominikus Nabe di Desa Kowi dan Paroki St. Vincentius A Paulo Feondari di Desa Wolodhesa, Kecamatan Mego. Kunjungan ini berlangsung dari pukul 12.25 hingga 18.15 WITA dan melibatkan berbagai elemen masyarakat serta tokoh agama setempat.

 

Uskup Mgr. Pius Riana Prapdi disambut secara resmi oleh Pastor Paroki St. Vincentius A Paulo Feondari, RP. Ferdinandus Wale Wele, CJD, serta tokoh-tokoh penting lainnya, termasuk:
Diakon Kornelius K.F. Keta, SVD (Koordinator Kegiatan), RP. Rovinus Longa, Rm. Ino, O.Carm,
Camat Mego, Bapak Agustinus Yerri Friets Moa, S.STP
Kapolsek Paga, Iptu Donatus Paru
Tokoh adat dari Desa Kowi dan Desa Wolodhesa
Umat Stasi St. Dominikus Nabe dan Paroki St. Vincentius A Paulo Feondari dengan jumlah perkiraan sekitar 100 orang.

 

Pkl 12.25 WITA: Uskup Pius Riana Prapdi disambut di Pertigaan Kaliwajo oleh umat Stasi St. Dominikus Nabe dan diarahkan menuju Desa Kowi menggunakan mobil.
Pkl 13.30 WITA: Setibanya di Wolowukak, Desa Kowi, Uskup disambut secara adat dengan pengalungan salendang oleh tokoh adat Desa Kowi.
Pkl 13.40 - 14.25 WITA: Uskup Pius Riana Prapdi menikmati makan siang bersama umat Stasi St. Dominikus Nabe di halaman rumah Pater RP. Rovinus Longa di Wolowukak.
Pkl 15.00 - 15.45 WITA: Acara pemberkatan Kapela Stasi St. Dominikus Nabe oleh Uskup Pius Riana Prapdi berlangsung khidmat, dihadiri oleh umat setempat.
Pkl 16.00 WITA: Uskup Pius bersama rombongan meninggalkan Stasi St. Dominikus Nabe dan berangkat menuju Paroki St. Vincentius A Paulo Feondari.
Pkl 16.40 WITA: Setibanya di Paroki St. Vincentius A Paulo Feondari, Desa Wolodhesa, Uskup kembali disambut dengan sapaan adat dan pengalungan salendang oleh tokoh adat Desa Wolodhesa.
Pkl 17.00 - 18.15 WITA: Perayaan Ekaristi di Gereja St. Vincentius A Paulo Feondari dipimpin oleh Uskup Pius Riana Prapdi, dihadiri oleh sekitar 300 umat dari wilayah paroki.

 Giat kunjungan ini mendapat pengawalan dan pengamanan dari Polsek Paga yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Paga, Iptu Donatus Paru. Pengamanan ini dilakukan berdasarkan Surat Perintah Kapolsek Paga Nomor: Sprin/43/VIII/3.1 Pam/2024/Sektor Paga, tanggal 22 Agustus 2024. Personel yang bertugas meliputi:
Aiptu Vincentius F. Ama, Aipda Dewa G. Swijana
Aipda Jainudin K.

Kepulangan Uskup: Pada Sabtu, 24 Agustus 2024, pukul 07.30 WITA, Uskup Pius Riana Prapdi akan berangkat dari Paroki St. Vincentius A Paulo Feondari menuju Ende menggunakan mobil. Selanjutnya, beliau akan melanjutkan perjalanan dari Ende ke Ketapang dengan pesawat.

Kegiatan kunjungan ini berlangsung aman dan lancar, dengan situasi kamtibmas yang tetap kondusif sepanjang acara.