Wujudkan Sitkamtibmas Yang Kondusif, Unit Turjawali Sat Samapta Res Sikka Laksanakan Patroli Perintis Presisi Dan KRYD

Wujudkan Sitkamtibmas Yang Kondusif, Unit Turjawali Sat Samapta Res Sikka Laksanakan Patroli Perintis Presisi Dan KRYD

Tribratanewssikka.com ~ Maumere.
Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kab. Sikka terutama seputaran Kota Maumere menjelang pelaksanaan tahapan Pemilukada, Unit Turjawali dari Satuan Samapta Polres Sikka aktif melaksanakan Patroli Perintis Presisi dan KRYD. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan kriminalitas dan peningkatan keamanan bagi warga masyarakat. Kamis (22/8/2024).

Pukul 21.00 wita Anggota Unit Turjawali Polres Sikka dipimpin oleh Kanit Turjawali Aipda Agustinus Harapan melakukan patroli menyusuri jalan dan berbagai area penting di sekitar Kota Maumere. Tim patroli memantau semua kegiatan masyarakat dan kondisi di sekitar pusat-pusat keramaian, pemukiman penduduk, serta titik-titik rawan kriminalitas, Selain itu, Unit Turjawali juga aktif berinteraksi dengan masyarakat setempat untuk memperoleh informasi terkini mengenai potensi gangguan kamtibmas mengingat perkembangan sitkamtibmas di masyarkat selalu berubah seiring waktu, sehingga personil harus update sitkamtibmas terkini, Hal ini juga  bertujuan untuk membangun kedekatan, kepercayaan dan kerjasama antara kepolisian dengan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan bersama.

Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M. melalui Kepala Satuan Samapta Polres Sikka Iptu Putu Sumadi, S.H.  mengatakan bahwa kehadiran polri di tengah-tengah masyarakat terutama saat malam hari dan menjelang pelaksanaan tahapan Pemilukada adalah sebagai upaya preventif dalam mencegah tindak pidana dan menjaga sitkamtibmas tetap kondusif. Iptu Sumadi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk aktif berperan serta dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kanit Turjawali Aipda Agustinus Harapan bersama anggota Turjawali Bripda Heribertus Y.S.P Wakor, Bripda Loisa De M.J Kompo, Bripda Marino Francho Wangga dan Bripda Assamir Rifqi Kalam antara lain, Di Jalan Eltari Regu patroli memberikan himbauan kepada para pengunjung yang sedang nongkrong dan yang hendak pulang agar selalu menjaga keamanan dan berhati-hati dalam berkendara agar tidak mengakibatkan kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga.
Di seputaran Pasar Alok Regu Patroli melaksanakan pengecekan Area Pasar agar terhindar dari kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum, selanjutnya Regu Patroli pun menghimbau kepada para pedagang yang bermalam di lapaknya agar selalu menjaga keamanan diri masing-masing dan apabila ada tindakan kriminal segera melaporkan ke kantor Kepolisian terdekat atau menghubungi nomor 110.

Di seputaran Taman Tsunami Regu patroli memberikan arahan kepada para pemuda yang sedang nongkrong di Taman Tsunami untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan di sekitar taman. Selanjutnya regu patroli memghimbau untuk tidak melakukan hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Dengan dilaksanakannya patroli  oleh Unit Turjawali Polres Sikka di wilayah seputaran Kota Maumere, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat, Mencegah terjadinya tindak pidana yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban. Kegiatan patroli selesai pukul 00.00 Wita. Sitkamtibmas aman terkendali.