Anggota Sat Polair Polres Sikka Laksanakan Polmas Kepada Masyarakat Nelayan Sikka

Anggota Sat Polair Polres Sikka Laksanakan Polmas Kepada Masyarakat Nelayan Sikka

Tribratanewssikka.com. Guna menciptakan situasi Kamtibmas aman dan kondusif  di daerah perairan Maumere, Satpolair Polres Sikka  Polda Nusa Tenggara Timur melaksanakan Polmas Perairan  Maumere. Kamis (25/07/2024) pukul 11.00 wita.

Polmas atau pemolisian masyarakat  merupakan kegiatan Kepolisian untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat, untuk mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya. Artinya ikut peduli dan turut aktif dalam menjaga sitkamtibmas di lingkunganya tetap aman dan kondusif.

Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H, S.I.K., M.M  melalui Kasatpolair Polres Sikka Ipda Herson H Liman mengatakan, kegiatan Polmas perairan ini mengajak masyarakat untuk menjaga agar situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif dilingkungan perairan Maumere.



Pada kesempatan tersebut Satpolair Polres Sikka yang mengemban polmas perairan menghimbau dan memberikan beberapa pesan-pesan kamtibmas kepada masyaraka nelayan antara lain:
1. Menghimbau agar tidak berlayar atau melaut ketika cuaca buruk, Memperhatikan alat keselamatan sebelum berlayar, Melengkapi dokumen dan surat surat kapal sebelum berlayar, Mematuhi aturan di atas kapal dan pelabuhan, Mengingat cuaca buruk akhir-akhir ini diminta untuk tidak melakukan aktifitas disekitar pantai dan pesisir laut, Ketika terjadi kejadian di laut segera melaporkan ke pihak keamanan / Polairud dan instansi terkait lainnya serta menjaga kebersihan pelabuhan, pantai dan laut.
2. Menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan seperti tidak menggunakan bom ikan, Potasium dan sebagainya yang dapat merusak biota laut.
3. Agar selalu menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah perairan.

“Dengan Polmas perairan ini diharapkan terciptanya situasi Kamtibmas aman dan kondusif dan hal ini juga sebagai wujud kehadiran Polri ditengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman,” Pungkas Kasat polair.