"Apel Pagi dan Jam Pimpinan: Kapolres Sikka Serukan Netralitas Pemilu dan Keselamatan Berlalu Lintas"

Tribratanewssikka.com-Maumere, 2 September 2024 — Polres Sikka menggelar Apel Pagi dan Jam Pimpinan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H. S.I.K, M.M, pada Senin pagi (02/09). Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Apel Polres Sikka, Jalan Jenderal Ahmad Yani 1, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, dan dihadiri oleh seluruh personel Polres Sikka.

Apel yang dimulai pukul 08.00 WITA ini diikuti oleh berbagai unsur personel, termasuk Pejabat Utama (PJU) Polres Sikka, Perwira Polres Sikka, Satuan Samapta, Satuan Lalu Lintas, Satuan Polisi Air dan Udara, gabungan fungsi Intelkam, Reskrim, Narkoba, serta Bintara Remaja. Bertindak sebagai Komandan Apel adalah Kasubbagdalgar Polres Sikka, Iptu Valentinus Tani.

Dalam arahan yang disampaikan kepada seluruh peserta apel, Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata menekankan pentingnya menjaga netralitas dan integritas Polri, terutama menjelang tahapan inti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sedang berlangsung. "Seluruh personel Polres Sikka dan jajaran Polsek harus tetap menjaga netralitas serta nama baik institusi Polri. Kita harus profesional dan tidak memihak dalam setiap tahapan Pilkada," ujar Kapolres Sikka.

 

Selain itu, Kapolres juga memberikan instruksi khusus kepada Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sikka untuk meningkatkan kegiatan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kabupaten Sikka. "Satlantas harus mengedepankan kegiatan sosialisasi tentang pentingnya tertib berlalu lintas di sekolah-sekolah, dengan pendekatan preventif, preemtif, dan represif. Langkah ini diambil untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, terutama di kalangan pelajar," tambah Kapolres.

 

Apel Pagi dan Jam Pimpinan ini diakhiri dengan penghormatan kepada Inspektur Apel dan pembacaan doa, serta laporan oleh Komandan Apel kepada Inspektur Apel. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dan tertib, berakhir pada pukul 08.30 WITA. Kegiatan apel pagi dan jam Pimpinan dimonitoring oleh Propam Polres Sikka dibawa Komando Kasih Propam Polres Sikka Iptu Fransiskus Somba Sai untuk memastikan pelaksanaannya berjalan aman dan kondusif.

 

Kapolres Sikka berharap, dengan adanya arahan ini, seluruh personel Polres Sikka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan menjaga nama baik institusi Polri di tengah masyarakat. Dengan dimulainya tahapan Pilkada, Polres Sikka akan terus berkomitmen untuk memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya, serta menjaga netralitas Polri dalam setiap proses demokrasi yang berlangsung.(Cm24)