Bhabinkamtibmas Kelurahan Kota Uneng Hadiri Pertemuan Forum Kerjasama Kesehatan Jiwa di Kecamatan Alok

Tribratanewssikka.com - Maumere., 23 September 2024 – Dalam upaya meningkatkan sinergi antar lembaga terkait kesehatan jiwa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kota Uneng, Aipda Hironimus Taji Werang, menghadiri pertemuan koordinasi rutin Forum Kerjasama Kesehatan Jiwa tingkat Kecamatan Alok yang digelar di Aula Kantor Camat Alok pada Senin (23/9).

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WITA ini dibuka secara resmi oleh Camat Alok, Rudolf M. Cherubim Newar, M.Tr.I.P., dan dihadiri oleh berbagai pihak seperti Ketua Yayasan PAHPA beserta staf, Kepala Puskesmas Kopeta, Lurah Kabor, Lurah Kota Uneng, Babinsa, serta para kader kesehatan jiwa (Keswa).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Yayasan PAHPA mengajak seluruh elemen yang hadir, termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Puskesmas, Bhabinkamtibmas, dan para kader untuk lebih proaktif mendata dan mendampingi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) di wilayah mereka. Tujuannya agar penanganan kesehatan bagi ODGJ/ODDP dapat dilakukan secara rutin dan terkoordinasi, serta melibatkan keluarga dalam memberikan perhatian khusus terhadap kondisi mereka.

 

Aipda Hironimus juga turut memberikan himbauan kepada para kader Keswa agar senantiasa mengedukasi keluarga yang memiliki anggota dengan masalah kesehatan jiwa. “Kader harus mendorong keluarga untuk memberikan perhatian lebih kepada ODGJ/ODDP, dan selalu berkoordinasi dengan Yayasan PAHPA serta pihak terkait untuk memantau perkembangan kondisi mereka,” ujar Hironimus.

 

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya peran para lurah dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah masing-masing, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sikka. “Saya harap semua pihak, terutama lurah, dapat bersinergi untuk menjaga Kamtibmas. Apabila ada gangguan, segera laporkan kepada Bhabinkamtibmas,” tambahnya.

 

Forum ini juga dimanfaatkan untuk mengevaluasi kendala yang dihadapi para kader Keswa saat berkunjung ke rumah ODGJ/ODDP, dengan harapan ada solusi yang dapat segera diimplementasikan demi kelancaran penanganan kesehatan jiwa di Kecamatan Alok.

 

Pertemuan yang berlangsung aman dan tertib ini diakhiri dengan kesepakatan bahwa semua pihak akan terus bersinergi demi terciptanya lingkungan yang lebih sehat dan aman, baik dari segi kesehatan fisik maupun mental.(Cm²4)