Fokus pada Himbauan Kamtibmas Menjelang Pilkada 2024 : Polres Sikka Gelar Program Jumat Curhat

Fokus pada Himbauan Kamtibmas Menjelang Pilkada 2024 : Polres Sikka Gelar Program Jumat Curhat

Tribratanewssikka.com - Maumere – Pada Jumat, 11 Oktober 2024, Polres Sikka melalui Satuan Binmas menggelar program Jumat Curhat di Desa Waigete, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka. 

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WITA ini dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Sikka, IPTU Donatus Paru, dengan tujuan mempererat hubungan antara aparat kepolisian dan masyarakat setempat, serta memberikan himbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjelang Pilkada 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Kasat Binmas menyampaikan beberapa pesan penting. Salah satunya adalah himbauan kepada warga agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan turut menjaga situasi Kamtibmas selama proses Pilkada.

Beliau juga menekankan pentingnya menjaga kerukunan meskipun pilihan politik mungkin berbeda. “Pilihan boleh berbeda, tetapi kerukunan harus tetap dijaga. Jangan sampai ada tindakan provokatif yang dapat memicu gangguan Kamtibmas,” ujarnya.

Selain itu, warga juga diingatkan untuk mengurangi konsumsi minuman keras lokal (Moke), yang kerap menjadi penyebab tindak pidana dan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sikka. 

 

IPTU Donatus Paru mengajak masyarakat untuk berperan aktif membantu pihak kepolisian menjaga ketertiban, serta melaporkan setiap gangguan Kamtibmas kepada pihak berwajib melalui Bhabinkamtibmas setempat atau langsung menghubungi Call Center Polres Sikka di nomor 110.

 

Kegiatan Jumat Curhat ini juga menjadi ajang bagi warga untuk menyampaikan keluh kesah dan pertanyaan mereka. Salah satu warga, Nikolaus Yanuarius, menanyakan tentang persyaratan dan biaya pembuatan SIM, sementara warga lain, Andreas Hubang, meminta penjelasan tentang proses pengurusan izin keramaian. Tak ketinggalan, masalah tilang dan maraknya perjudian di acara duka pun menjadi sorotan warga yang disampaikan dalam sesi tanya jawab ini.

 

Sebagai tanggapan, Kasat Binmas memberikan jawaban komprehensif dan menjelaskan prosedur-prosedur yang berlaku. Ia juga mengingatkan warga agar segera melaporkan setiap potensi gangguan Kamtibmas kepada pihak kepolisian, serta memberikan nomor pribadi Kapolres Sikka sebagai bentuk komitmen Polres Sikka dalam merespons cepat keluhan masyarakat.

 

Kegiatan Jumat Curhat yang berakhir pada pukul 11.00 WITA ini berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari warga setempat. Masyarakat menyatakan dukungan dan terima kasihnya atas keterlibatan aktif Polres Sikka dalam menjaga keamanan, terutama menjelang Pilkada yang rawan akan konflik.

 

Dengan program seperti ini, Polres Sikka terus berupaya membangun kedekatan dengan masyarakat serta memastikan stabilitas keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sikka tetap terjaga. (Cm²4)