Jumat Curhat, Kapolres Sikka Kunjungi Masyarakat Desa Rubit dan berikan bantuan Air Bersih

Jumat Curhat, Kapolres Sikka Kunjungi Masyarakat Desa Rubit dan berikan bantuan Air Bersih
Jumat Curhat, Kapolres Sikka Kunjungi Masyarakat Desa Rubit dan berikan bantuan Air Bersih

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., bersama sejumlah pejabat Polres Sikka dan Kapolsek Kewapante, siang ini, Jumat (10/2) melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di Desa Rubit, Kecamatan Hewokloang, Kabupaten Sikka.

Sepanjang kegiatan tersebut, warga terlihat sangat antusias memberikan pertanyaan serta masukan langsung kepada Kapolres Sikka yang hadir pada kegiatan tersebut, antara lain masyarakat menyampaikan agar pihak kepolisian dapat menertibkan kegiatan perjudian, dan juga bertanya tentang maraknya kasus pencurian yang selama ini terjadi di wilayah Desa Rubit.

Bapak Herman Yosef salah seorang masyarakat mengusulkan, agar jika bisa setiap tahun ajaran baru pihak kepolisian dapat melakanakan giat sosialisasi tentang kenakalan remaja dan bahaya narkoba.

Adapula yang meminta penjelasan terkait mekanisme pengurusan SIM dan pembayaran pajak kendaraan yang sudah tidak berlaku lagi serta mekanisme penyelenggaraan pesta dan pengurusan ijin keramaian.

Salah seorang ibu mempertanyakan terkait kebenaran berita yang marak beredar saat ini yakni isu penculikan anak. Dan Kades Rubit meminta kepada Kapolres Sikka agar jika bisa, dapat dibangun sebuah Pos Polisi di wilayah Desa Rubit.

Langsung menanggapi semua pertanyaan dan masukan dari masyrakat, Kapolres Sikka menyampaikan “terkait masalah perjudian, baik di tempat duka maupun di tempat mana saja yang ada di dalam wilkum Polres Sikka, selama ini kami dari Pihak Kepolisian telah berupaya untuk melakukan penertiban, dan kami akan terus melakukan penertiban guna untuk membasmi setiap kasus perjudian. Dan jika cukup bukti maka kami akan lakukan penegakan hukum. Mohon dukungan informasi dari para pihak.” Jelas Kapolres.

“Kami dari Polsek Kewapante juga menambahkan bahwa, sehubungan dengan adanya Kasus-kasus Pencurian, baik yang sudah dilaporkan maupun belum, saat ini kami dari pihak Kepolisian sementara melakukan penyelidikan, dan puji Tuhan ada sebagian pelaku sudah dapat kami tangkap, dan kami akan terus lakukan penyelidikan terhadap Kasus Pencurian lain, dan kalau sudah ada titik terang terkait pelaku pencurian lain akan kami lakukan penangkapan sekaligus kami lakukan penegakan hukum. Mohon dukungan dari semua pihak,” tanggap Kapolsek Kewapante kepada masyarakat yang bertanya.

Kapolres juga menjawab terkait Kenakalan Anak Remaja  dan Narkoba, akan kami upayakan untuk lakukan sosialisasi melalui Kapolsek Kewapante bersama Kasat Narkoba dan Binmas dan Bhabinkamtibmas

Kasat Lantas AKP Firamuddin, S.H., menanggapi pertanyaan masyarakat terkait pengurusan SIM dan Pembayaran Pajak, “sehubungan dengan pengurusan SIM dan pajak yang sudah mati/tidak berlaku lagi, dapat segera mengurusnya kembali di Sat. Lantas Polres Sikka atau melalui mobil SIM Keliling dan pembayaran pajak di Samsat Maumere tanpa ada denda,” jelasnya.

 

Kapolres juga menegaskan kepada masyarakat terkait isu tentang penculikan Anak, informasi terbut adalah Tidak Benar (HOAX), dan agar masyarakat lebih teliti dalam menerima informasi dan tidak mudah termakan hoax.

“Sehubungan dengan kegiatan Pesta dan pengurusan Ijin Keramaian dapat dilakukan dengn tahapan harus meminta Rekomendasi ijin keramaian dari Desa, Kecamatan, Gugus Tugas Covid lalu dibawah ke Unit intelkam Polres Sikka. Dan batas waktu giat pesta dibatasi waktu sampai pukul 24.00 wita. Dan kami pihak Kepolisian akan tetap dan terus melakukan upaya penertiban terhadap bunyi musik yang lewat dari waktu/larut malam. Mohon dukungan dari semua pihak untuk dapat memberikan informasi kepada Polsek Kewapante jika ada giat pesta yang menggunakan Sound System yang bunyinya terlalu besar.” Jelas Kapolres.

Selain kegiatan Jumat Curhat, Polres Sikka juga memberikan bantuan berupa 1 tangki mobil 5000 Liter air bersih untuk digunakan oleh masyarakat Desa Rubit.