Satlantas Polres Sikka Lakukan Penertiban Ranmor untuk Menciptakan Kamseltibcar Lantas yang Optimal

Satlantas Polres Sikka Lakukan Penertiban Ranmor untuk Menciptakan Kamseltibcar Lantas yang Optimal

Senin, 18 Maret 2024 - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sikka menggelar kegiatan penertiban ranmor guna menciptakan kondisi Kampanye Keselamatan dan Ketertiban Berlalu Lintas (Kamseltibcar Lantas) yang aman, lancar, tertib, dan kondusif di wilayah hukum Polres Sikka. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.30 hingga 11.00 Wita, di lokasi Jalan Mgr. Sugio Pranoto (Depan Taman Doa Kristus Raja) dan Jalan Bandeng (Persimpangan Hotel Lareska).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Ratna Yuda Tupong, didampingi oleh KBO Satlantas Ipda Efraim Emanuel beserta seluruh personel Satlantas Polres Sikka.

Sasaran utama kegiatan ini adalah para pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran secara kasat mata, yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Adapun pelanggaran yang menjadi fokus penertiban antara lain:

  1. Tidak menggunakan helm SNI.
  2. Menggunakan ponsel saat berkendara.
  3. Pengendara di bawah umur.
  4. Pengendara sepeda motor yang berbonceng lebih dari satu orang.
  5. Melawan arus.
  6. Berkendara dalam pengaruh alkohol.
  7. Melebihi batas kecepatan.
  8. Knalpot racing (brong).
  9. Kendaraan tidak dilengkapi dengan surat-surat.
  10. Pelanggaran over load dan over dimensi.
  11. Pick-up yang mengangkut orang.
  12. Melanggar rambu lalu lintas.

Proses penertiban dilakukan dengan cara memberikan apel dan penyampaian arahan kepada seluruh personel sebelum pelaksanaan kegiatan. Kemudian, dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan TNKB serta TNKB yang sudah habis masa berlakunya. Tindakan penindakan berupa tilang maupun teguran diberikan kepada pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran.

Hasil yang dicapai dari kegiatan ini sangat positif, dengan terciptanya kamseltibcar lantas yang optimal di wilayah Kabupaten Sikka. Selain itu, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mematuhi peraturan lalulintas serta keselamatan dalam berkendara juga meningkat. Kegiatan ini juga berhasil mencegah dan mengurangi angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sikka. Seluruh kegiatan berlangsung dengan aman, lancar, dan tertib, menunjukkan komitmen Satlantas Polres Sikka dalam menjaga ketertiban dan keselamatan berlalu lintas.