Kabag Ops Pimpin Pelaksanaan Latihan Pra Operasi dalam Rangka Operasi Patuh Turangga 2024 Polres Sikka

Kabag Ops Pimpin Pelaksanaan Latihan Pra Operasi dalam Rangka Operasi Patuh Turangga 2024 Polres Sikka
Kabag Ops Pimpin Pelaksanaan Latihan Pra Operasi dalam Rangka Operasi Patuh Turangga 2024 Polres Sikka

Tribratanewssikka.com, Maumere - Pada hari Jumat, 12 Juli 2024, pukul 07.30 WITA, bertempat di Ruangan Satya Haprabu Polres Sikka, telah dilaksanakan kegiatan Latihan Pra Operasi (Latpraops) dengan tema "Melalui Pelatihan Pra Operasi Patuh Turangga 2024 kita tingkatkan kesiapan, kemampuan dan keterampilan personel Polri dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas pasca pelaksanaan Hari Bhayangkara Tahun 2024." Kegiatan ini dipimpin oleh Kabagops Polres Sikka, AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E., yang juga bertindak sebagai Karendal Ops Res (Instruktur).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat utama Polres Sikka, yaitu Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Ratna Yuda Tupong (Instruktur), Kasat Intelkam Polres Sikka, IPTU Suparjo, S.Sos. (Instruktur), Kasubagdalprograr Bagops Res Sikka, IPTU Valentinus Tani, Kasipropam Polres Sikka, IPTU Fransiskus Somba Say, Kasiwas Polres Sikka, IPDA I Nyoman Ariasa, dan anggota Polres Sikka yang termuat dalam Sprin Latpraops dengan Nomor: Sprin / 590 / VII / OPS.1.3 / 2024.

Dalam arahannya, Kabagops Polres Sikka, AKP I Wayan Oka Deswanta, menyampaikan bahwa tujuan dari Operasi Patuh adalah untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. "Operasi Patuh akan berlangsung selama 14 hari, terhitung dari tanggal 15 Juli 2024 hingga 28 Juli 2024, dengan tindakan meliputi preemtif, preventif, penegakan hukum (Gakum), dan bantuan operasional (Banops). Sebanyak 26 personil Polres Sikka, termasuk unsur pimpinan, akan terlibat dalam operasi ini. Analisa dan evaluasi (Anev) harian akan dilakukan setiap hari oleh masing-masing Kasatgas," ujar Kabagops.

Kasat Intelkam Polres Sikka, IPTU Suparjo, S.Sos., memberikan arahan kepada seluruh personil yang terlibat dalam operasi agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan memperhatikan tiga pedoman tugas yaitu: Sadar Diri, Sadar Situasi, dan Sadar Kamera. "Hal ini penting untuk memastikan profesionalisme di lapangan selama pelaksanaan tugas operasi Patuh," tegasnya.

Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Ratna Yuda Tupong, menekankan tujuh prioritas pelanggaran dalam penindakan Operasi Patuh Turangga 2024, yaitu: menggunakan HP saat berkendara, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm, berkendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus lalu lintas, dan melebihi batas kecepatan.

Sementara itu, Kasiwas Polres Sikka, IPDA I Nyoman Ariasa, mengingatkan pentingnya penyusunan rencana operasi (Renops) yang baik agar tidak terjadi penduplikasian nama personil antara kegiatan rutin dan kegiatan Operasi Patuh 2024. "Ini untuk meminimalisir temuan audit dan memastikan pelaksanaan operasi berjalan sesuai dengan prosedur," jelasnya.

Dengan dilaksanakannya Latpraops ini, diharapkan kesiapan, kemampuan, dan keterampilan personel Polri dalam pelaksanaan Operasi Patuh Turangga 2024 dapat meningkat, sehingga tujuan operasi dapat tercapai dengan baik dan situasi keamanan serta ketertiban di jalan raya dapat terjaga.