Kanit Intel Polsek Alok Jalin Sinergi dengan Uskup Maumere untuk Dukung Pilkada Damai 2024 di Kabupaten Sikka

Tribratanewssikka.com-Maumere, 9 September 2024 – Dalam rangka menciptakan suasana aman dan kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Polsek Alok terus melakukan langkah strategis dengan menggandeng para tokoh agama di Kabupaten Sikka. Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui kegiatan penggalangan dan silaturahmi yang dilaksanakan oleh Kanit Intel Polsek Alok, AIPDA Fransisko B. Pedor, bersama Uskup Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, SVD. Pertemuan berlangsung di Lepo Bipsu, Istana Keuskupan Maumere, Jalan Wairklau, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, pada Senin (9/9) pukul 09.00 WITA.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang dukungan dari tokoh agama dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada 2024. AIPDA Fransisko B. Pedor menyampaikan pentingnya peran tokoh agama, masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan dalam menyebarkan pesan-pesan damai serta mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam Pilkada dengan bijak dan bertanggung jawab.

 

“Kami berharap Bapak Uskup Maumere dan para tokoh agama lainnya dapat membantu menyampaikan pesan damai kepada umat, serta turut berperan dalam menjaga situasi yang kondusif selama proses Pilkada di Kabupaten Sikka,” ujar AIPDA Fransisko B. Pedor.

 

Uskup Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, SVD, merespon positif ajakan tersebut. Ia menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Polres Sikka dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama Pilkada berlangsung. Uskup Maumere juga menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya Polres Sikka dalam menciptakan Pilkada yang aman dan damai.

 

“Saya mendukung penuh langkah Polres Sikka untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kedamaian di Kabupaten Sikka selama Pilkada 2024. Sebagai tokoh agama, kami akan terus mengingatkan umat untuk berpartisipasi aktif dalam Pilkada secara damai, menghindari provokasi, dan berkontribusi dalam menciptakan pemilu yang aman dan harmonis,” ungkap Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, SVD.

 

Selain itu, pihak Keuskupan juga menyatakan kesediaannya untuk membantu melalui penyampaian pesan-pesan damai dalam bentuk sosialisasi dan kampanye Pemilukada Damai di Kabupaten Sikka. Hal ini sejalan dengan harapan Polres Sikka agar para tokoh agama dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya berpartisipasi secara damai dalam Pilkada.

 

Kegiatan penggalangan ini berlangsung dengan lancar hingga pukul 09.30 WITA, dengan diakhiri komitmen bersama antara Uskup Maumere dan Polres Sikka untuk mendukung Pilkada Damai 2024. Sinergi yang terjalin diharapkan dapat meminimalisir potensi konflik dan menciptakan suasana yang aman dan harmonis selama proses pemilihan berlangsung.

 

Dengan adanya dukungan dari para tokoh agama, Polres Sikka optimis bahwa Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Sikka akan berjalan dengan tertib, aman, dan damai.(Cm²⁴)