Kapolda NTT Bersama Menko Perekonomian RI Serahkan Bantuan Tunai PKLWN Tahun 2022 di Labuan Bajo

Kapolda NTT Bersama Menko Perekonomian RI Serahkan Bantuan Tunai PKLWN Tahun 2022 di Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com, Labuan Bajo -Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol Drs. Setyo Budiynto, S.H., M.H bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Dr. (H.C). Ir. H. Airlangga Hartarto, MBA., MMT menyerahkan Bantuan Tunai PKL, Warung dan Nelayan (BT-PKLWN) di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Senin (14/3/2022).

Kegiatan yang digelar di Kampung Ujung, Kelurahan Labuan Bajo ini pun dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Ketua DPR RI H. Lodewijk Freiderich Paulus,  Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto, Komisaris Telkomsel Rizal Malarangeng, Karoops Kombes Pol Ulami Sudjaja, SH, Dirintelkam Kombes Pol Jan Wynand Imanuel Makatita, S.I.K, Kabidkeu Polda NTT Kombes Pol Drs. Sofyan Tanjung dan Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si.

Dalam kegiatan ini, secara simbolisi diserahkan dana BT-PKLWN tahun anggaran 2022 untuk Kabupaten Manggarai Barat kepada 25 orang perwakilan terdiri dari para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan Para Nelayan secara individu maupun Kelompok Nelayan yang ada di Kecamatan Komodo yakni, Desa Gorontalo, Kelurahan Labuan Bajo dan Desa Batu Cermin oleh Menko Perekonomian RI.

Selain itu, Menko Perekonomian RI dan Kapolda NTT serta para pejabat yang hadir pada kesempatan ini juga meninjau dan menyapa para pedagang dan nelayan yang ada disekitar lokasi kegiatan.

Menko Perekonomian RI Dr. (H.C). Ir. H. Airlangga Hartarto, MBA., MMT menyampaikan bahwa, tujuan pemberian  BT-PKLWN merupakan program bantuan tunai pemerintah kepada masyrakat terutama para PKL, Warung dan Nelayan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendukung pengentasan kemiskinan ekstrem di Indonesia di masa pandemi covid-19.

“Program ini sendiri disalurkan melalui TNI dan Polri, dimana untuk tahun ini dilaksanakan oleh Kepolisian diseluruh Indonesia , yang mana dalam mendata dan menjaring calon penerima yang belum mendapatkan bantuan sosial,  tugas ini diberikan kepada para Bahbinkamtibmas”, terang Dr. (H.C). Ir. H. Airlangga Hartarto, MBA., MMT.

Dijelaskan bahwa, bantuan yang diberikan kepada para PKL, Warung dan Nelayan ini sebesar enam ratus ribu rupiah.

Terkait kondisi covid-19 terutama varian omicron secara nasional saat ini sudah melandai dan untuk wilayah Nusa Tenggara Timur masih berada di level 3 PPKM, Menko Perekonomian RI meminta untuk diatensi.

Kapolda NTT dampingi Menko Perekonomian RI sambangi para pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar lokasi kegiatan penyerahan BT-PKLWN di Labuan Bajo

Sementara itu, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H menyampaikan bahwa BT-PKLWN disalurkan di wilayah kabupaten dan kota di wilayah Nusa Tenggara Timur prioritas yang termasuk dalam Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2022.

“Pagi ini secara seremonial, kita serahkan kepada lebih kurang 20 sampai dengan 40 orang, namun demikaian, secara perkabupaten, khususnya untuk Labuan bajo ada sekitar 4000 dan secara keseluruhan kabuapaten lainnya ada 1600”, terang Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Ia pun berharap bantuan yang diberikan oleh Pemerintah ini kepada para PKL kemudian Warung dan Nelayan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Dengan harapan bahwa, bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan kepentingannya masing-masing”, Tandas Kapolda NTT.