Kapolda NTT Laksnakan Audensi bersama Forkopimda, Pimpinan Instansi dan FKUB Kabupaten Sikka

Kapolda NTT Laksnakan Audensi  bersama Forkopimda, Pimpinan Instansi dan FKUB Kabupaten Sikka

Tribratanewssikka.com. Maumere.- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum,  melaksanakan Audiensi  bersama Forkompimda, Pimpinan Instansi dan FKUB Kabupaten. Sikka. bertempat di Aula Lantai III  Pemda Kab.Sikka, Kamis (15/11/2022).

Dalam kegiatan Audensi Kapolda NTT di Dampingi Pejabat Utama Polda NTT :

1. Irwasda Polda NTT Kombespol Zulkifli, S. STmK, SH, M.H

2. Karorena Polda NTT Kombes Pol R. Dadik Junaedi Supri Hartono, SH

3. Dirintelkam Poda NTT Kombes Pol Jan Wynand Imanuel Makatita, SIK.

4.Direskrimsus Polda NTT KombesPol  M. Yoris Maulana Y.Marzuki, SIk

 5.Dirpolair Polda NTT Kombes Pol Nyoman Budiarja, SIK, M. Si

6. Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol Ferry Raimond Ukoli, SIK.

Diawali dengan sambutan Bupati Sikka,  Mewakili Pemda Kab.Sikka ,saya bupati Sikka mengucapkan selamat datang dan Ucapan Terimakasih atas kunjungan Bapak Kapolda NTT bersama rombongan di Pemda Kab. sikka

Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolda yang telah meresmikan Satuan Polairud Untuk wilayah Kab.Sikka dan semoga dengan adanya sat. Pol Air sikka menjajdi lebih baik di bidang Pengawasan perairan.

Mencegah agar tidak terjadinya korupsi ,”  Kiranya  bapak kapolda NTT dapat memberikan kami masukan dan arahan ke hal yang lebih baik dan  bisa membantu pemda untuk menaikan otonomi daerah dan  menegakan pajak daerah “.  Menutup Sambutanya

Dalam Sambutannya Kapolda NTT,  Mengucapan terima kasih kepada Bupati, Pimpinan Instansi   dan segala unsur yang hadir diruangan ini, atas dukungannya  selama ini kepada kami, pihak kepolisian.

 Bapak Kapolda  Memperkenalkan satu persatu Penjabat Utama Polda NTT yang ikut serta Sesuai dengan Tugas dan Fungsinya Masing - Masing.

Serta Mengajak pemerintah daerah untuk saling membatu  menjaga kamtibmas agar dapat maximal melakukan pembangunan daerah

Bapak Kapolda juga Memperkenalkan diri  dan Menyampaikan Biografi Pribadi sampai dengan menjadi Penjabat Sebagai Kapolda NTT.

Kapolda Menyampaikan  Bahwa Tugas Pokok Polri telah di atur dalam . UU No. 2 Tahun 2002 tetang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 14. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13, Kepolisian Negara Republik Indonesia bertugas untuk.:

a) Melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroll terhadap kegiatan

masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan

b) Menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan

d) Membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum manyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang - undangan

d) Turut serta dalam pembinaan hukum nasional

e) Memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum

Kapolda NTT Drs. Johni Asadoman M. Hum menyampaikan di masa kepemimpinan melakukan beberapa penekanan terhadap anggota Polri yang harus dilaksanakan :

a) Untuk selalu membangun kerjasama

b) Menerapkan metode Restorative Justice dalam penegakkan hukum.

c) Membuka komnikasi terbuka antara polisi dan masyarakat , Kapolres dan Kapolsek harus manerima masyarakat yang datang untuk menyampaikan keluh kesahnya.

“ Semoga apa yang telah saya  sampaikan dapat menjadi motifasi dan bermanfaat bagi kita semua” Kapolda NTT Menutup Sambutannya.  

Dalam pelaksanaan  Audiensi antara Kapolda NTT dan Unsur Forkopimda Kab.Sikka ,  yang di capai antara lain :

Camat Mego Petrus Piter. Mengucapkan terima kasih karena  Pos Pol Lekebai  sudah menjadi Polsub Sektor  dan menanyakan syarat sebuah Polspol untuk menjadi Polsek.

Camat Magepanda  Amstrong. Meminta regulasi terkait pengurusan surat – surat bisa di alihkan ke polsek Alok , Ataukah  meningkatkan pos pol menjadi Polsek dikarenakan kami masyarakat magepanda  dengan jumlah jiwa  -+ 8000 Jiwa sangat membutuhkan respon cepat  Polisi.

Sekcam Palue Ibu Erna, menyampaikan bahwa  Jumlah masyarakat  Kecamatan Palue-+ 10.341 jiwa , Meminta Dukungan kepada  Bapak Kapolda NTT dalam hal  peningkatan Pospol palue ke Polsek Palue .

Audensi yang paling akhir di sampaikan oleh Ketua KBPP Polri  dr Fransiiskus Lameng. meminta Dukungan dan arahan dari bapak. Kapolda NTT dan langsung di tanggapi oleh Kapolda NTT yang mana dirinya mendukung , Meminta agar KBPP polri agar patuh hukum dan Menjaga marwah Kepolisian

Untuk Jawaban yang lainnya Bapak  Kapolda NTT diwakili oleh  Karorena  polda NTT Kombes Pol R. Dadik Junaedi Supri Hartono, SH antara lain :

Untuk  peningkatan  Tipologi dari Polspol ke Polsek  yang pertama  harus ada lahan  , Selanjutnya harus diusulkan ke menpan RB  dan selanjutnya menunggu keputusan pusat. Dalam kesempatan tersebut Bapak Karorena, Meminta doa dari rekan – rekan semua semoga apa yang polda NTT sudah usulkan agar cepat terealisasi.

Dan Meminta Kapolres bersama Kabag Ren Untuk mengajukan perubahan nomenklatur agar bisa diproses ke tingkatan yang lebih tinggi.

Di akhirAudensi  Kapolda NTT berpesan  “Apabila ada sanak saudara yang ingin menjadi Anggota Polri Kiranya jangan percaya terhadap calo , harus ada niat untuk berolah raga , Melakukan perivat Untuk menyiapkan diri menghadapi Tes kedepanya, Saya tekankan lagi jangan percaya dengan Calo”

Audensi berlangsung dengan aman, lancar serta tertib. dan penuh dengan keramatamahan.