Kapolres Sikka Hadiri Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 di Sikka: Percepatan Pembangunan di Wilayah

Kapolres Sikka Hadiri Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 di Sikka: Percepatan Pembangunan di Wilayah

Tribratanewssikka.com-Maumere. Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Tahun Anggaran 2024 berlangsung khidmat di Lapangan Golden Nita, Dusun Lalat, Desa Nita, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, pada Rabu pagi. Acara yang dimulai pukul 08.00 WITA ini mengusung tema "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah" dan dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, SE, M.Si.

Upacara diawali dengan laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara dan penghormatan kepada Inspektur Upacara. Komandan Kodim 1603 Sikka selaku Dansatgas TMMD, Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P, membacakan laporan kesiapan TNI Manunggal Membangun Desa tahun 2024. 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan toolkit secara simbolis oleh Inspektur Upacara kepada perwakilan, serta penandatanganan dan penyerahan berita acara serah terima program TMMD ke-121 dari Pj. Bupati Sikka kepada Komandan Kodim 1603 Sikka.

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Adrianus Firminus Parera menekankan pentingnya sinergi antara TNI dan masyarakat dalam mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan. "TMMD adalah wujud nyata dari semangat gotong royong dan kebersamaan kita dalam membangun desa. Melalui program ini, diharapkan terjadi percepatan pembangunan yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

 

Upacara diakhiri dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara dan laporan penutupan oleh Perwira Upacara. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar hingga pukul 09.00 WITA.

 

Perlu diketahui Upacara pembukaan TMMD ke-121 ini diikuti oleh berbagai komponen masyarakat dan satuan TNI/Polri, di antaranya: 1 Pleton Kodim 1603 Sikka. 1 Pleton Gabungan BKO TNI-AD Kupang.1 Pleton Lanal Maumere1 Pleton Batalyon Pelopor Brimob. 1 Pleton Polres Sikka. 1 Pleton Pol PP Kab. Sikka. 1 Pleton Basarnas Maumere.1 Pleton siswa SMA Negeri 1 Nita. 1 Pleton Gabungan SMPK Kimbul Nita. 1 Pleton Gabungan SMP Negeri 1 Nita. Hadirin yang Turut Memeriahkan Acara

 

Acara ini juga turut dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, di antaranya: Pj. Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, SE, M.Si. Ketua DPRD Kab. Sikka, Donatus David, SH. Komandan Kodim 1603 Sikka, Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P. Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata H, S.I.K, MM. Kajari Sikka, Ina Malo, SH, MH. Perwakilan Lanal Maumere. Wadanyon B Pelopor Maumere. Kepala Kantor Pajak Pratama Maumere. Ketua Pengadilan Agama Kab. Sikka. Kadis Sosial Kab. Sikka. Kepala Bank BNI dan Bank Mandiri. Kepala Pelindo Maumere. Kepala Bulog Maumere. Perwakilan Kantor SAR Maumere. Camat Nita, Alfonsus Naga, SP. Kapolsek Nita, IPDA Kadek Johan Abdi Jaya. Tokoh Masyarakat Kec. Nita, Drs. Alexander Longginus. Para Kepala Desa se Kecamatan Nita. Tamu undangan lainnya.

 

Selain upacara, di lokasi acara juga dibangun stand untuk sosialisasi penerimaan/rekrutmen anggota Polri, TNI-AD, dan TNI-AL. Stand ini diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas dan memadai bagi masyarakat yang berminat untuk bergabung dengan institusi tersebut.

 

Dengan berakhirnya upacara pembukaan ini, rangkaian kegiatan TMMD ke-121 di Kabupaten Sikka resmi dimulai, yang diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan di wilayah ini serta mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat.