KASAT BINMAS POLRES SIKKA MENJADI NARASUMBER TENTANG KAMTIBMAS DALAM KEGIATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMASYAH MAUMERE.

Tribratanewssika.com-maumere.

Maumere,10-09-2024.

Pada hari Selasa tanggal 10 September 2024 Pukul 09.30 Wita, Kasat Binmas Polres Sikka IPTU DONATUS PARU didampingi oleh personil Sat Binmas telah memberikan Materi Sosialisasi dan Himbauan Kamtibmas kepada Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Maumere, bertempat di Lantai 3 Amin Rais Universitas Muhammadiyah Maumere, Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka.

Adapun Materi Sosialisasi dan Himbaun Kamtibmas yang disampaikan adalah:

• Mengajak dan memberikan Himbauan kepada Mahasiswa agar selama Tahapan Pilkada agar tidak melakukan tindakan tindakan yang dapat memicu terjadinya Gangguan Kamtibmas, dengan tidak melakukan aksi saling memprovokasi.Pilihan boleh berbeda tetapi kerukunan tetapdijaga.Dan sebagai Mahasiswa harus menjadi Pelopor dalam menjaga situasi Kamtibmas. 

• Memberikan Himbauan kepada Mahasiswa Agar tidak mengkonsumsi Alkohol (Moke) secara berlebihan, sehingga mencegah terjadinya Gangguan Kamtibmas Dan Dampak Mengkonsumsi Minuman yang Mengandung Alkohol Bagi Kesehatan. Dan menyampaikan bahwa Faktor Utama penyebab terjadinya Tindak Pidana dan Kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Sikka adalah Moke. 

Kasat Binmas menegaskan bahwa Mahasiswa sebagai Kontrol sosial yang diposisikan sebagau kaum Intelektual, maka Mahasiswa dalam hubungannya dengan Pemerintah dan Masyarakat Bertindak sebagai pengawas dalam segala hal yang dapat berdampak langsung kepada Masyarakat. Mahasiswa sebagai Aspirator Masyarakat kepada Pemerintah, maka Mahasiswa harus mencermati dan menganalisa secara menyeluruh dan tepat terkait Permasalahan sosial yang terjadi di Masyarakat dan menyampaikan secara Santun dan Martabat kepada Pihak Pihak yang terkait. Sehingga dalam melakukan aktivitas atau kegiatan Demonstrasi tidak melakukan secara Anarkis. 

8

Keamanan dan Ketertiban merupakan tanggung jawab bersama, maka prinsip dasar yang harus digunakan agar Kamtibmas tetap terjaga adalah jadi Polisi untuk diri sendiri.Sehingga kehadiran Polisi bukan sebagai Penegak Hukum tetapi menjadi keluarga sahabat atapun teman dalam bersilahturahmi.

 

Kasat Binmas Polres Sikka menambahkan Kepada Mahasiswa, jika terjadi Gangguan Kamtibmas agar tidak melakukan tindakan Main Hakim sendiri, tetapi segera melaporkankan Ke Polsek ataupun Pospol Yang terdekat dan Menelepon Call Center 110.

 

Mahasiswa menerima Dengan Baik Sosialisasi dan Himbauan Kamtibmas yang disampaikan Oleh Kasat Binmas Polres Sikka dan Mengapresiasi Kegiatan Himbauan Kamtibmas.,dan akan bekerjasama dalam menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Sikka.Serta melakukan Deklarasi Pilkada Damai.