Kegiatan Bhabinkamtibmas di Pasar Waipare Berjalan Lancar, Warga Apresiasi Tindakan Preventif

Kegiatan Bhabinkamtibmas di Pasar Waipare Berjalan Lancar, Warga Apresiasi Tindakan Preventif

Tribratanewssikka.com - Maumere.Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, BRIPKA Husen Bethan, anggota Bhabinkamtibmas Desa Watukobu, Kecamatan Kewa Pante, Kabupaten Sikka, melaksanakan kegiatan pengamanan dan penertiban pedagang kaki lima di sepanjang jalan Waipare dan eks pasar Gliting pada hari Selasa, 18 Juni 2024.

Kegiatan yang dimulai pukul 16.00 WITA tersebut berjalan aman dan lancar. Sasaran utama kegiatan ini adalah pedagang kaki lima yang masih berjualan di pinggir jalan, meskipun telah disiapkan pasar resmi di Waikoja.

 

Dalam kegiatan tersebut, BRIPKA Husen Bethan menyampaikan beberapa himbauan penting kepada masyarakat. Pertama, masyarakat diingatkan untuk menghindari tindakan premanisme, perjudian, penyalahgunaan narkoba, serta kebiasaan mabuk-mabukan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Kedua, warga diajak untuk lebih memperhatikan hewan peliharaan, khususnya anjing, agar diikat atau dikandangkan demi menjaga keselamatan bersama.

 

Selain itu, BRIPKA Husen juga menekankan pentingnya komunikasi antara warga dan pihak berwenang apabila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Hal ini diharapkan dapat mencegah tindakan main hakim sendiri yang dapat berakibat fatal.

 

Terakhir, himbauan disampaikan kepada para pedagang kaki lima untuk tidak lagi berjualan di pinggir jalan. Ditegaskan bahwa berjualan di area tersebut tidak hanya mengganggu arus lalu lintas, tetapi juga membahayakan keselamatan para pedagang itu sendiri. Sebagai solusinya, pasar Waikoja telah disiapkan untuk menampung para pedagang ini.

 

Respons positif datang dari warga setempat. Mereka mengucapkan terima kasih atas himbauan yang diberikan dan menyatakan kesiapan untuk bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

 

Kegiatan yang dilakukan BRIPKA Husen Bethan ini merupakan salah satu langkah preventif yang sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib. Dokumentasi foto kegiatan turut terlampir dalam laporan ini, menunjukkan antusiasme dan dukungan dari warga setempat.