"Khidmatnya Renungan Suci di Sikka: Sambut HUT ke-79 RI dengan Penuh Penghormatan"

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Kabupaten Sikka menggelar upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Bahagia Iligetang, Kelurahan Nangameting, Kecamatan Alok Timur. Upacara ini dilaksanakan pada Jumat malam, 16 Agustus 2024, tepat pukul 23.30 WITA, dan berlangsung dengan khidmat serta penuh rasa hormat.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Maumere, Kolonel Marinir Anjas Wicaksono Putro M. Tr. Hanla, selaku Inspektur Upacara. Turut hadir dalam upacara ini Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera, Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K.,M.M.,Dandim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, Kepala Kejaksaan Negeri Maumere Henderina Malo, Ketua DPRD Kabupaten Sikka Donatus David, serta sejumlah pejabat penting lainnya.

Acara dimulai dengan laporan dari Komandan Upacara Kapten Laut (PM) A. Rahman kepada Inspektur Upacara. Selanjutnya, dilakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa. Inspektur Upacara kemudian membacakan naskah Amanat Kehormatan dan Renungan Suci, diikuti dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.

Dalam suasana yang penuh kesyahduan, obor dinyalakan sebagai simbol penghormatan abadi kepada para pahlawan. Doa bersama dipanjatkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sikka, Yosef Rangga Kadopo, yang mendoakan arwah para pahlawan agar diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Upacara ditutup dengan peletakan karangan bunga oleh Pj. Bupati Sikka, Margareta Movaldes Da Maga Bapa, sebagai wujud penghargaan atas pengorbanan para pahlawan.

Dalam amanatnya, Kolonel Marinir Anjas Wicaksono menyampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para pahlawan yang telah memberikan segalanya demi bangsa dan negara. "Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaktian yang telah saudara-saudara tempuh akan kami lanjutkan demi kemajuan bangsa ini," ucapnya penuh semangat.

 

Beliau juga mendoakan agar arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan di tempat yang layak sesuai jasa dan pengorbanan mereka.

 

Kegiatan upacara kehormatan dan renungan suci ini berlangsung hingga pukul 00.15 WITA, Sabtu dini hari, 17 Agustus 2024, dan berakhir dengan aman serta tertib. Selanjutnya, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 akan dilaksanakan pada Sabtu pagi, 17 Agustus 2024, pukul 07.30 WITA, di halaman Kantor Bupati Kabupaten Sikka.

 

Upacara ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan serta pengingat bagi generasi penerus untuk terus menjaga dan mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan darah dan air mata. (Cm²⁴)