"Upacara HUT ke-79 RI di Sikka: Semangat Kemerdekaan Terpancar dalam Acara Meriah dan Penuh Makna"

Tribratanewssikka.com-Maumere, 17 Agustus 2024 –Suasana penuh semangat dan khidmat mewarnai pelaksanaan upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang digelar di Halaman Kantor Bupati Sikka, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, pada Sabtu pagi. Upacara ini dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, S.E., M.Si., sebagai Inspektur Upacara dengan mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju."

Upacara dimulai pukul 07.30 WITA dengan melibatkan berbagai unsur personel, termasuk satu peleton dari Kodim 1603 Sikka, Lanal Maumere, Brimob Den B Pelopor, Sat.Pol PP Kabupaten Sikka, serta peleton gabungan mahasiswa dan pelajar. Drumband dari SMK Yappen Rais Maumere dan paduan suara dari SMAK Frateran Maumere turut menambah semarak acara dengan lantunan lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan.

Berbagai tokoh penting di Kabupaten Sikka turut hadir dalam upacara tersebut, di antaranya Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Kapolres Sikka, Dandim 1603 Sikka, Danlanal Maumere, Kajari Sikka, dan Ketua Pengadilan Negeri Maumere. Hadir pula tokoh-tokoh agama dan masyarakat seperti Uskup Maumere, Ketua FKUB, dan Ketua MUI Kabupaten Sikka, yang memberikan warna kebhinekaan dalam peringatan hari kemerdekaan ini.

Susunan acara berjalan dengan tertib, dimulai dengan laporan dari Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan penghormatan pasukan, pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sikka, dan pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Komandan Upacara diiringi lagu Indonesia Raya. Dalam suasana penuh haru, seluruh peserta upacara mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara untuk mengenang jasa para pahlawan.

Setelah upacara resmi selesai, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian remisi kepada narapidana berkelakuan baik di Rutan kelas 2B Maumere. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada pemenang lomba gerak jalan santai tingkat SD, SMP, SMA, dan instansi pemerintahan. Penghargaan lainnya diberikan kepada desa terbaik dalam penataan pembangunan serta kepada masyarakat yang menunjukkan dedikasi tinggi dalam berbagai bidang.

 

Kemeriahan peringatan HUT RI ke-79 di Kabupaten Sikka tak berhenti di situ. Setelah acara seremonial, masyarakat disuguhi berbagai lomba tradisional, termasuk lomba panjat pinang yang selalu menjadi daya tarik tersendiri dalam perayaan hari kemerdekaan.

 

Menurut rencana, pada pukul 16.30 WITA, akan dilaksanakan upacara penurunan bendera di lokasi yang sama. Seluruh rangkaian kegiatan pagi ini berakhir pada pukul 09.15 WITA, berlangsung dengan aman dan lancar.

 

Peringatan HUT RI ke-79 di Kabupaten Sikka ini berhasil menghadirkan semangat nasionalisme dan kebersamaan di tengah masyarakat, sejalan dengan tema besar "Nusantara Baru Indonesia Maju," yang diusung untuk mengarungi masa depan bangsa. ( Cm²⁴)