Operasi Bina Karuna Turangga 2020, Sat Binmas Polres Sikka Gelar FGD Bersama Warga Di Sekitar Hutan Egon

Operasi Bina Karuna Turangga 2020, Sat Binmas Polres Sikka Gelar FGD Bersama Warga Di Sekitar Hutan Egon

Tribratanewssikka.com, Maumere – Dalam rangka upaya pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui Operasi Kepolisian Kewilayahan Bina Karuna Turangga 2020, Sat Binmas Polres Sikka mengelar Focus Group Discussion (FGD) bertempat di Desa Blidit, Kec. Waigete, Kab. Sikka, Sabtu (21/11) Pagi.

Kasat Binmas Polres Sikka Iptu Siprianus Sedan pada kesempatan tersebut menyampaikan arahan dan himbauan kepada masyarakat untuk tiadk membakar hutan dan lahan.

“Kebakaran hutan dan lahan berdampak pada rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan. Asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan seperti ISPA, dan asma,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, ekosistem sangat penting karena memberikan jasa lingkungan yang tak ternilai harganya, berupa udara bersih beserta sumber pangan.

“Dari faktor ekonomi juga mengalami kerugian dengan terjadinya karhutla ini, Karena sama dengan bahaya virus yang saat ini tengah mewabah hampir diseluruh penjuru tanah yaitu virus Covid-19. Mari kita lawan bersama dan lakukan pencegahan secara bersama-sama tentang Karhutla. Kami yakin jika seluruh elemen masyarakat bersatu padu bersama Polri serta Instansi terkait lainnya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sikka, Kebakaran lahan dapat kita minimalisir dan bencana asap dapat kita hindarkan,” tegasnya. (k21)