Pastikan Pengamanan KTT Asean ke-42 Berjalan Baik, Kapolri Cek Langsung 91 Command Center Polri

Pastikan Pengamanan KTT Asean ke-42 Berjalan Baik, Kapolri Cek Langsung 91 Command Center Polri

Pastikan pengamanan kegiatan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) berjalan baik, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengecek sejumlah titik salah satunya yakni, 91 Command Center Polri.

 

"Baru saja kita melaksanakan pengecekan langsung terkait dengan kesiapan Kepolisian dalam rangka pengamanan KTT Asean atau Asean Summit", ungkap Kapolri usai mengecek 91 Command Center di Labuan Bajo, Rabu (3/5/2023).

 

Dikatakannya, telah mengecek beberapa titik salah satunya di 91 Command Center yang merupakan tempat pusat kendali operasi terkait seluruh rangkaian yang akan dilaksanakan.

 

"Jadi kita mengecek langsung bagaimana mulai dari bandara sampai dengan titik akomodasi, kemudian Samapi dengan tempat kegiatan semuanya termonitor dan terawasi termasuk petugas-petugas yang melaksanakan tugas semuanya tersambung dan bisa melaporkan kegiatan mereka pada saat di lapangan dengan Command Center", kata Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

 

"Dan dari Command Center tentunya, bisa memberikan perintah-perintah terkait dengan langkah-langkah dan kegiatan yang harus dilaksanakan", tambahnya.

 

Ia juga memaparkan bahwa dari Command Center juga dilakukan pengecekan satu persatu fasilitas yang ada mulai dari bagaimana Command Center bisa mendeteksi masyarakat yang datang, baik itu tamu asing atau pun masyarakat lokal termasuk identitasnya serta data kapal maupun pemiliknya.

 

Demikian juga kegiatan-kegiatan masyarakat dan tentunnya ada beberapa tempat yang akan dialihkan.

 

"Tentunya dalam kesempatan ini kami dari jajaran kepolisian akan melakukan rekayasa-rekayasa lalulintas pada saat ada delegasi yang melintas dan tentunnya ada pengalihan-pemgalihan arus oleh karena itu, terkait dengan kenyamanan masyarakat yang mungkin terganggu karena pengalihan arus kita mohon maklum dan mohon maaf", ujarnya.

 

Ia juga memastikan akan terus melakukan peningkatan, pengecekan dan evaluasi terkait dengan kesiapan pengamanan yang akan kita laksanakan.

 

Selain itu, Kapolri juga memastikan bagaimana posko Command Center bisa memonitor apabila terjadi situasi bencana maupun kondisi cuaca, sehingga langkah penanganan yang dilakukan bisa terpantau dan lebih terkendali.

 

Kapolri berharap seluruh kesiapan dalam rangka pengamanan KTT Asean Summit bisa berjalan dengan baik.

 

"Kita pernah punya pengalaman beberapa waktu KTT G 20, muda-mudahan di Asean Summit ini kita bisa bekerja dengan lebih baik", pungkas Kapolri.