Patroli Perintis Presisi Polres Sikka Membangun Kondusifitas Kamtibmas

Patroli Perintis Presisi Polres Sikka Membangun Kondusifitas Kamtibmas

Maumere, Sikka - Pada Senin, 15 Januari 2024, Unit Turjawali Satuan Samapta Polres Sikka Polda NTT melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi guna memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Sikka.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 20.00 Wita hingga 23.00 Wita dengan menyasar masyarakat pengguna jalan, pusat-pusat perbelanjaan, dan tempat pemukiman yang padat penduduk di seputaran Kota Maumere. Rute patroli melibatkan beberapa jalan strategis seperti Jalan Ahmad Yani, Jalan Raja Centis, Jalan Cakalang, dan sejumlah jalan lainnya.

Kronologi kegiatan patroli mencakup serangkaian tindakan dialogis dan pemeriksaan terhadap pengendara motor yang sedang berkumpul di Jalan Eltari. Petugas memberikan himbauan kepada remaja agar segera pulang ke rumah masing-masing untuk mencegah potensi tindak kejahatan. Di Jalan Gajah Mada, patroli menghimbau remaja yang mengonsumsi minuman keras agar segera pulang, menjaga ketertiban dan mencegah gangguan Kamtibmas.

Regu patroli juga berfokus pada remaja di Jalan Lingkar Luar, mengingatkan mereka untuk pulang ke rumah mengingat waktu yang sudah larut malam. Kegiatan ini melibatkan kuat personil yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Polres Sikka, Aipda Agustinus Harapan, serta didukung oleh 5 personil Sat Samapta Polres Sikka.

Enam unit motor KLX digunakan sebagai kendaraan operasional, dilengkapi dengan dua pucuk senjata V2 Sabhara, dua pucuk Flas Baal, dan 30 butir amunisi dengan rincian peluru hampa, peluru karet, dan peluru tajam. Selama kegiatan, masyarakat memberikan tanggapan positif dan menyampaikan terima kasih kepada Polri atas upaya menjaga keamanan. Mereka juga menyarankan agar kegiatan patroli terus ditingkatkan untuk menjaga Kamtibmas tetap terjaga.

Patroli Perintis Presisi rutin ini berakhir pada pukul 23.00 Wita dengan situasi yang terpantau masih aman dan kondusif. Kegiatan ini menjadi langkah nyata Polres Sikka dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di seputaran wilayah hukumnya.