Peduli Pasien Gangguan Jiwa, Bhabinkamtibmas Polsek Lela Laksanakan Kunjungan ke Rumah Pasien

Peduli Pasien Gangguan Jiwa, Bhabinkamtibmas Polsek Lela Laksanakan Kunjungan ke Rumah Pasien

Tribratanewssikka.com ~ Maumere • Dalam rangka memperingati “Hari Kesehatan Jiwa Sedunia”, Bhabinkamtibmas melaksanakan kunjungan ke rumah-rumah warga Desa Lela yang mengalami gangguan kejiwaan dan Sekolah SMK Santa Elisabet Lela. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis Pagi (10/10) 2024 pukul 09.00 Wita.

 

Dalam giat tersebut, hadir pula Camat Lela bapak YOHANES K. SORU, Kepala UPTD Puskesmas Nanga, Dokter Puskesmas Nanga, Kanit Binmas Polsek Lela, Bhabinkamtibmas Desa Lela, Perwakilan Petugas Kesetahan dari Rs. Santa Elisabeth Lela dan Petugas Nakes Puskesmas Nanga juga turut berpartisipasi.

Petugas Bhabinkamtibmas Desa Lela, Aipda Jhon Kenedi Roga, bersama Kanit Binmas Polsek Lela, dan Camat Lela, melaksanakan pendampingan petugas Nakes Puskesmas Nanga dalam menyambangi warga yang mengalami gangguan mental dan kegiatan screnning pemeriksaan dan pengenalan awal terhadap siswa-siswi SMK ST. Elisabeth Lela.

 

Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut agar dapat memberikan sosialisasi dan motivasi bagi siswa siswi SMK St. Elisabeth Lela tentang depresi dan bahaya bunuh diri. Untuk itu, petugas nakes UPTD Nanga mengajak siswa-siswi agar menghindari stres dan pikiran-pikiran yang dapat mengganggu kesehatan pikiran. Kegiatan ini juga dapat menjalin komunikasi bersama masyarakat agar setiap keluarga untuk selalu peduli dan bersimpati terhadap pasien gangguan jiwa. Selain itu, memberikan dukungan mental dan spiritual bagi para penderita gangguan jiwa, agar selalu mengkonsumsi obat penenang yang di berikan oleh petugas nakes, supaya mengurangi reaksi berlebihan akibat depresi atau hilang kesadaran.

 

Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Warga masyarakat juga menyambut baik. Aipda Jhon Kenedi Roga, Bhabinkamtibmas Desa Begu juga menghimbau warga yang di sambangi agar selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan pemerintahan desa-desa setempat mengenai perkembangan pasien penderita gangguan kejiwaan.