Penertiban Kendaraan Bermotor oleh Sat Lantas Polres Sikka: Meningkatkan Keselamatan dan Ketertiban Lalu Lintas

Penertiban Kendaraan Bermotor oleh Sat Lantas Polres Sikka: Meningkatkan Keselamatan dan Ketertiban Lalu Lintas

Selasa, 14 Mei 2024 – Satuan Lalu Lintas Polres Sikka melaksanakan kegiatan penertiban kendaraan bermotor di wilayah hukumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang aman, lancar, tertib, dan kondusif.

Kegiatan penertiban ini berlangsung dari pukul 06.30 WITA hingga 09.00 WITA di Jalan Don Thomas, tepatnya di perempatan tugu ikan tuna. Operasi dipimpin oleh KBO Sat Lantas, Ipda Efraim Emanuel, didampingi oleh Kanit Turjawali Sat Lantas, Ipda Ngurah Manik, bersama personil Sat Lantas Res Sikka dan lima personil Sat Samapta Res Sikka.

 

Adapun sasaran utama penertiban ini adalah pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran secara kasat mata dan berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, antara lain:Tidak menggunakan helm SNI. Menggunakan ponsel saat berkendara .Pengendara di bawah umur .Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang .Melawan arus .Berkendara dalam pengaruh alkohol.Melebihi batas kecepatan,menggunakan knalpot racing (brong).Kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat.Pelanggaran over load dan over dimensi.Pick up yang mengangkut orang.Melanggar rambu lalu lintas. 

 

Sebelum pelaksanaan kegiatan, dilakukan apel dan pemberian arahan oleh pimpinan untuk memastikan kesiap-siagaan dan kelancaran operasi. 

 

Selama kegiatan, pemeriksaan dilakukan terhadap pengendara yang tidak dilengkapi TNKB atau TNKB yang sudah habis masa berlakunya. Penindakan dilakukan baik berupa tilang maupun teguran kepada pengendara yang melanggar aturan.

 

Dari kegiatan ini, beberapa hasil positif dicapai, antara lain: Terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Sikka.Meningkatnya kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat mengenai pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan keselamatan berkendara.Pengurangan pelanggaran dan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sikka.

 

Himbauan Unit Satuan Lalu lintas Polres Sikka terus dilakukan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sikka untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama. dan jadikan tertib lalu lintas sebagai budaya sehari-hari untuk mengurangi kecelakaan dan meningkatkan kenyamanan berkendara di jalan. Karena Keselamatan Anda adalah prioritas kami.