Pengamanan Gerak Jalan Putri SMP dan SMA Se-Kabupaten Sikka Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Pengamanan Gerak Jalan Putri SMP dan SMA Se-Kabupaten Sikka Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Tribratanewssikka.com-Maumere. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, ratusan pelajar putri tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Sikka mengikuti kegiatan gerak jalan pada Selasa, 13 Agustus 2024. Acara yang dimulai pukul 14.30 Wita ini bertempat di Lapangan Umum Kota Baru, Jln. Jend. Ahmad Yani, Kel. Kota Baru, Kec. Alok Timur, Kabupaten Sikka, dibuka secara resmi oleh PJ Sekda Kabupaten Sikka, Margareta Movaldes Da Maga Bapa, ST., M. Eng.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor 118 Tahun 2024 yang menetapkan pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79. Acara dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Kasat Bimas Polres Sikka AKP Mikael D. Donis, Kaban Kesbangpol Silvester Saka, Kadis Nakertrans Kab. Sikka Valerianus Samador Conterius, SP., Kadis PKO Kab. Sikka Germanus Goleng, serta perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Maumere, Melkior Kawe.

Rute gerak jalan dimulai dari Lapangan Kota Baru dan melintasi berbagai titik penting di Kota Maumere, termasuk Gelora Samador, perempatan PLN, Kantor Sekretariat Partai Golkar, Jln. Eltari, SDI Kotauneng, Patung Kristus Raja, Toko Agung, Toko Nita, Beru, Patung Selamat Datang, Barata, dan kembali ke Lapangan Kota Baru. Para peserta menempuh jarak sekitar 5 KM dengan penuh semangat.

Dalam sambutannya, PJ Sekda Kabupaten Sikka mengarahkan agar setiap peserta menanamkan sikap sportivitas dan semangat, serta menggelorakan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air. “Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk perayaan, tetapi juga untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan memaknai kemerdekaan sebagai hasil perjuangan bangsa,” tegasnya.

 

Kegiatan gerak jalan ini melibatkan 67 regu peserta, terdiri dari 44 regu SMP (21 regu putra dan 23 regu putri) dan 23 regu SMA putri. Kegiatan ini mendapat pengamanan dan pengawalan ketat dari personel Polres Sikka, yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sikka AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E. dan Kasat Lantas Polres Sikka AKP Ratna Yuda Tupong.

 

Seluruh rangkaian acara berakhir pada pukul 18.00 Wita dengan situasi aman dan lancar. Kegiatan ini berhasil menciptakan suasana meriah dan penuh semangat, sejalan dengan tema perayaan kemerdekaan tahun ini.(C.m²⁴)