"Pengamanan Maksimal dari Polres Sikka Pastikan Blayer Kemerdekaan Sukses Tanpa Kendala"

Tribratanewssikka.com-Maumere, 25 Agustus 2024 — Jalan Lingkar Luar Wairklau, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, menjadi tempat gemuruhnya adrenalin para pecinta otomotif dalam gelaran Hari Terakhir Lomba Otomotif Ketahanan Mesin dan Kopling Pada Kendaraan Dua Tak, atau dikenal sebagai “Blayer Kemerdekaan.” Acara yang diadakan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 ini berlangsung meriah pada Minggu, 25 Agustus 2024, dimulai pukul 14.00 Wita.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sikka, Bapak Husein. Sebanyak 28 tim dari berbagai daerah di Kabupaten Sikka dan sekitarnya turut berpartisipasi dalam Blayer Kemerdekaan, yang diselenggarakan oleh Maumere Organisir Otomotif Club (MOOC) dengan dukungan penuh dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi NTT.

Adapun beberapa tim yang berkompetisi antara lain Tim Lorena KPM x Kraton, Tim D2 Garage, Tim Lynda, Tim GG Speed, hingga Tim Family Garage Maumere. Seluruh tim beradu ketangguhan dan kecepatan mesin dalam tiga kelas yang diperlombakan, yaitu Kelas KW, Kelas Campuran, dan Kelas FFA.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, mulai dari 24 hingga 25 Agustus 2024, ini mengundang decak kagum dari para penonton yang memadati area balap. Setiap putaran balap menampilkan aksi-aksi menarik yang memacu adrenalin, menunjukkan keterampilan dan ketangguhan para peserta dalam mengendalikan kendaraan dua tak mereka.

 

“Acara ini tidak hanya sekadar ajang perlombaan, tetapi juga menjadi momen kebersamaan yang menumbuhkan semangat kebangsaan dan cinta Tanah Air di antara para penggemar otomotif,” ujar Gabriel Rudy Novianta Lameng, penanggung jawab kegiatan.

 

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara, pengamanan ketat dilakukan oleh personil Polres Sikka di bawah pimpinan Wakapolsek Alok, IPDA Lorensius Laka, bersama Kanit Turjawali Lantas, IPDA Ngurah Manik. Sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Sikka Nomor: Sprint/685/VIII/PAM.3.3./2024, pengamanan telah disiapkan sejak awal acara hingga penutupan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Seluruh rangkaian kegiatan Blayer Kemerdekaan berakhir pada pukul 17.30 Wita dengan aman dan tertib. Para pemenang dari masing-masing kelas mendapat apresiasi berupa piala dan hadiah dari panitia. Kesuksesan acara ini menandai semangat kolaborasi antara penyelenggara, peserta, dan pihak keamanan, yang semuanya bersatu dalam semangat kemerdekaan.

 

"Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun untuk menginspirasi generasi muda dan memupuk semangat kebersamaan dalam semangat kemerdekaan," Ujar Bapak Husein dipidato penutupan kegiatan Blayer kemerdekaan memeriahkan Hut Ke-79 R.I. (Cm²⁴)