Operasi Pekat Turangga 2024: Polres Sikka Gencarkan Razia Penyakit Masyarakat untuk Ciptakan Kondisi Aman dan Kondusif

Tribratanewssikka.com-Maumere, 26 Agustus 2024 — Polres Sikka melaksanakan Operasi Pekat Turangga 2024 sebagai upaya menekan angka penyakit masyarakat dan kejahatan konvensional di wilayah hukum Polres Sikka. Operasi ini dilakukan dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Operasi Mantap Praja Tahun 2024.

Dipimpin oleh KBO Samapta Polres Sikka IPTU I Made Sutama, Tim UKL II yang tergabung dalam operasi ini mengawali kegiatan dengan apel persiapan dan pengecekan personel pada Minggu, 25 Agustus 2024, pukul 20.00 WITA. Operasi ini menempuh rute sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman, Terminal Lokaria, Jalan Eltari, Kantor DPRD Kabupaten Sikka, hingga Pelabuhan L. Say Maumere.

Selama operasi berlangsung, petugas menyampaikan beberapa himbauan penting kepada masyarakat, di antaranya: Mengingatkan warga untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol seperti moke secara berlebihan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas serta menjaga kesehatan masyarakat.

Warga juga diimbau untuk selalu tertib saat berlalu lintas, tidak mengemudi di bawah pengaruh alkohol, tidak menggunakan knalpot racing, dan selalu mengenakan helm serta melengkapi surat-surat kendaraan. Himbauan ini disampaikan guna meminimalisir potensi kecelakaan lalu lintas dan menciptakan situasi yang aman dan tertib di jalan raya.

 

Petugas juga mengingatkan masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi laut agar selalu berhati-hati dan memperhatikan barang bawaan mereka. Langkah ini diambil untuk mencegah tindakan kriminal seperti pencurian dan pemalakan.

 

Selain memberikan himbauan kepada masyarakat, Tim UKL II juga menyambangi Kantor DPRD Kabupaten Sikka untuk mengecek persiapan dan kesiapan terkait pelaksanaan kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota DPRD Kabupaten Sikka masa jabatan 2024-2029 yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 26 Agustus 2024, pukul 08.00 WITA. Hasil pengecekan menunjukkan bahwa persiapan berjalan lancar dan situasi terpantau aman terkendali.

 

Operasi yang berakhir pada pukul 22.00 WITA ini mendapat respons positif dari masyarakat. Warga menyambut baik himbauan yang disampaikan oleh tim operasi dan mengapresiasi upaya Polres Sikka dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah mereka. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat mendukung penuh langkah-langkah preventif yang diambil untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

 

Seluruh rangkaian kegiatan Operasi Pekat Turangga 2024 berlangsung aman, tertib, dan lancar. Polres Sikka berkomitmen untuk terus menggiatkan operasi serupa demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang pelaksanaan Operasi Mantap Praja Tahun 2024. (Cm²⁴)