Peringati Hari Lahir Pancasila, Polres Sikka mengikuti Upacara secara Virtual

Peringati Hari Lahir Pancasila, Polres Sikka mengikuti Upacara secara Virtual

Tribratanewssikka.com, Maumere – Polres Sikka mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, yang dilaksanakan di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Upacara virtual untuk Polres Sikka sendiri dilaksanakan di ruang rapat PPKO Polres Sikka dan dihadiri oleh Wakapolres dan sejumlah PJU Polres Sikka, sedangkan Kapolres Sikka mengikuti upacara virtual bersama Forkopimda Kab. Sikka di Kantor Bupati Sikka.

Ditemui seusai kegiatan, Wakapolres Sikka Kompol I Putu Surawan, S.IP melalui Kasubbaghumas Iptu Margono, SE menyampaikan bahwa dalam kegiatan bertema ‘Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh’ tersebut ada beberapa amanat dari Presiden RI Joko Widodo yang perlu diketahui dan dilaksanakan oleh masyarakat secara luas.

Diantaranya adalah untuk memperkukuh dan meningkatkan penerapan nilai luhur Pancasila dalam masyarakat di tengah lajunya era teknologi informasi saat ini yang memiliki dampak yang cukup beragam, menjadi salah satu amanat presiden yang wajib diketahui oleh masyarakat secara luas.

“Tingginya kemajuan teknologi terutama di bidang informasi menjadi suatu hal yang patut dicermati dan disaring oleh masyarakat menggunakan nilai luhur Pancasila serta rasa kebangsaan yang kuat, hal tersebut untuk mencegah mengembangkannya paham radikan dan ideology yang tidak sesuai dengan nilai luhur Pancasila yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab melalui kecanggihan teknologi informasi saat ini,” jelasnya.

Selain itu, himbauan Presiden agar terus memperkokoh tali persatuan, kesatuan, persaudaraan, saling membantu, saling menolong, dan saling bergotong royong, serta selalu optimis dalam situasi pandemi yang berdampak dalam perekonomian saat ini menurutnya juga menjadi salah satu titik amanat yang patut diketahui dan dilaksanakan oleh masyarakat secara luas.

Mengingat hal tersebut merupakan ciri khas masyarakat dan bangsa Indonesia, melalui hal tersebut berbagai kesulitan dan juga potensi rintangan lainnya yang kemungkinan besar akan dihadapi di era 4.0 ini akan dapat dilewati dan ditangani secara maksimal.

“Dua amanat ini sangat penting untuk menjaga kondusifitas dan keamanan baik daerah maupun nasional, untuk itu kami harap masyarakat bersama dengan Polri dapat berperan aktif untuk mewujudkan amanat tersebut,” tutupnya. (k21)