Pimpin Latpra Ops Keselamatan, Kapolres Sikka : Berikan Edukasi Kepada Masyarakat

Pimpin Latpra Ops Keselamatan, Kapolres Sikka : Berikan Edukasi Kepada Masyarakat

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., membuka Latihan Pra Operasi Keselamatan Turangga – 2022 dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas pada masa pandemi covid-19 di wilayah hukum Polres Sikka bertempat di Ruang Rapat PPKO Polres Sikka, (1/3) pagi.

Turut hadir dalam acara Latpraops tersebut para perwira dan personil Polres Sikka yang tergabung di dalam Ops Keselamatan Turangga – 2022.

Tujuan Latpraops Keselamatan ini untuk menyamakan persepsi sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan sesuai dinamika dan tujuan operasi yang diharapkan.

Kapolres mengatakan, Polres Sikka menyelenggarakan Ops Keselamatan Turangga 2022 yang berlangsung selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 1 samapai dengan 14 Maret 2022.

“Pelaksanaan Lat Pra Ops ini kita lakukan, agar dalam penugasan di lapangan nanti, para personil benar-benar mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya,” terangnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan raya merupakan suatu hal yang mutlat dirasakan masyarakat selaku pengguna jalan raya. Namun pada kenyataannya berbagai permasalahan pelanggaran dan kecelakaan yang sering terjadi, khususnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Sikka masih disebabkan oleh kelalaian oleh masyarakat itu sendiri.

“Pelanggaran dan kecelakaan ini terjadi dikarenakan masih rendahnya tingkat kepatuhan dan kesadaran  masyarakat terhadap hukum perundang-undangan terkait lalu lintas, sehingga diperlukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kepatuhan hukum dan kesadaran masyarakat guna mewujudkan stabilitas kamseltibcarlantas di jalan raya,” pungkasnya.

Selain meningkatkan kepatuhan hukum dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, Operasi ini juga sebagai langkah untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19.

Di akhir sambutannya, Kapolres Sikka mengharapkan kepada para peserta pelatihan, kiranya untuk mengikuti latihan ini dengan sebaik-baik mungkin. (k21)