"Polres Sikka Gelar Apel Pengecekan Personel, Siapkan Simulasi Pengamanan Jelang Pilkada 2024"

Tribratanewssikka.com-Maumere. Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Sikka, Polres Sikka menggelar apel pengecekan personel pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Tembak Brimob Yon B Pelopor Maumere, Wairita, Desa Hoder, Kecamatan Waigete. Apel tersebut merupakan bagian dari rangkaian latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga 2024, khususnya dalam simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).

Apel pengecekan personel ini dihadiri langsung oleh Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M., didampingi oleh Wakapolres Sikka, Kompol Ruliyanto J.P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., dan Wadanyon Batalyon B Pelopor, AKP Agustinus Silvester, S.E. Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Kepala Bagian (Kabag), Pejabat Utama (PJU) Brimob Yon B Pelopor Sikka, PJU Polres Sikka, para Kapolsek jajaran Polres Sikka, serta brigadir, staf ASN Polres Sikka, dan personel BKO Bintara/Tamtama Brimob Yon B Pelopor Maumere.

Apel dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sikka, AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E., yang memberikan arahan kepada seluruh personel yang terlibat dalam sprint latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga 2024. Dalam arahannya, AKP I Wayan Oka Deswanta menekankan pentingnya partisipasi aktif dan penuh disiplin dari seluruh personel dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan simulasi Sispamkota. Ia juga mengingatkan agar setiap tahapan adegan yang sudah diatur dalam simulasi dipatuhi dengan baik.

 

Berdasarkan surat perintah Kapolres Sikka Nomor: Sprint/648/VIII/Ops.1.3/2024 tanggal 9 Agustus 2024, jumlah total personel yang mengikuti apel pengecekan mencapai 400 orang. Namun, terdapat beberapa orang Personel yang tidak hadir dengan keterangan Sakit dan tugas lainnya.

 

Kegiatan apel pengecekan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 08.40 WITA ini dilanjutkan dengan latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga 2024. Simulasi Sispamkota ini diharapkan dapat memantapkan kesiapan personel Polres Sikka dalam menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

 

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan pengarahan untuk mempersiapkan latihan selanjutnya. Polres Sikka berkomitmen untuk terus meningkatkan kesiapan dan sinergi dengan seluruh personel guna menjamin keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada di Kabupaten Sikka.