Polres Sikka Lakukan Pengamanan Misa Malam Kamis Putih

Polres Sikka Lakukan Pengamanan Misa Malam Kamis Putih

Tribratanewssikka.com : Maumere • Menjelang hari Paskah, Personel Polres Sikka dikerahkan untuk melakukan pengamanan Misa Kamis Putih di beberapa gereja yang melakukan ibadah di Kota Maumere, Kamis (27/03/2024) Sore.

 

Kegiatan misa tersebut sebagai bagian dari rangkaian pekan suci dalam tradisi agama Katholik yang selalu menggelar upacara suci dalam perayaan Paskah, yakni Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung dan berakhir dengan Paskah yang merupakan peringatan kebangkitan Yesus.

Selain melaksanakan pengaman personil Polsek Sikka juga melaksanakan pengaturan lalu lintas dan menyebrangkan jemaat dimana gereja terletak di pinggir jalan  yang sangat ramai arus lalu lintasnya.

 Personel Polres Sikka yang tergabung dalam operasi Samana Santa Turangga 2024 dikerahkan untuk melakukan pengamanan yang disebar luas di belasan Gereja yang menggelar kegiatan peribadatan.

Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H. S.I.K., M.M. melalui Kasi Humas Polres Sikka AKP Susanto SE mengatakan bahwa pihaknya tetap fokus dalam mengamankan jalannya ibadah dengan tujuan memberikan jaminan rasa aman dan nyaman untuk umat yang melaksanakan ibadah misa.

 

"Dari laporan yang diterima personel yang melaksanakan pengamanan Misa yang berlangsung dari sore hingga malam hari berjalan dengan aman dan lancar. 

 

Dikatakannya, sebelum pelaksanaan ibadah, personel juga akan melakukan sterilisasi gereja untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan dan hal lain yang membahayakan". ujar Kasi Humas Polres Sikka. 

 

Selain itu, Tidak hanya dari pihak Kepolisian pengamanan dari pihak gereja juga membantu untuk menyaring dan mengenali jemaah yang akan mengikuti ibadah di masing-masing gereja.

 

"Kita berdayakan semua potensi dari unsur aparat, gereja serta masyarakat untuk membantu agar pengamanan ibadah misa kamis putih berjalan maksimal," tandasnya.