Problem Solving, Bhabinkamtibmas Desa Gunung Darat Mediasi Masalah Pemukulan Warga di Dusun Egon

Problem Solving, Bhabinkamtibmas Desa Gunung Darat Mediasi Masalah Pemukulan Warga di Dusun Egon

Tribratanewssikka.com, Maumere - Bhabinkamtibmas merupakan personil kepolisian yang paling dekat dengan masyarakat. Merekalah yang menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, menyampaikan program kepolisian, menyelesaikan masalah warga binaannya (Problem Solving) dan kegiatan lainnya yang berbaur dengan masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut Bhabikamtibmas Desa Darat Gunung Aipda Zul Halim, S.H., melakukan problem solving terkait adanya masalah pemukukan oleh warga Dusun Egon. Penyelesaian masalah dilaksanakan di Polsek Waigete, Dsn. Egon, Desa Egon, Kec. Waigete, Kab. Sikka, Selasa (24/1).

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, Bhabinkamtibmas memanggil kedua pihak pelaku dan korban ke Kantor Polsek Waigete untuk menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah.

Setelah dilakukan proses mediasi, kedua belah pihak sepakat untuk selesaikan secara damai dan kekeluargaan dengan kesepakatan sesuai beberapa poin kesepakatan bersama yang dituangkan ke dalam surat pernyataan.

Secara terpisah, Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., melalui Kasihumas AKP Margono, S.E., mengungkapkan bahwa sebagai anggota Bhabinkantibmas, selain tugas sambang rutin juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini ganguan kamtibmas wilayahnya.

Disamping itu juga harus memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan setiap kejadian yang ada di wilayah binaannya. “Tentunya hasil kesepakatan ini dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bermasalah tanpa melalui peradilan sebagai wujud memberikan pengayoman dan rasa keadilan. Dengan demikian dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Polri,” Ungkap Kasihumas.

(k21)