Wakapolres Sikka pimpin Upacara Pembukaan Pelatihan Satpam Gada Pratama Gelombang VI Tahun 2022 di Polres Sikka

Wakapolres Sikka pimpin Upacara Pembukaan Pelatihan Satpam Gada Pratama Gelombang VI Tahun 2022 di Polres Sikka

Tribratanewssikka.com, Maumere –Wakil Kepala Kepolisian Resor Sikka Kompol Fajar Virgantara Sjarifuddin, S.I.K., memimpin upacara Pembukaan Pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang VI tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 123 peserta yang terdiri dari 120 peserta laki-laki dan 3 orang peserta perempuan yang berasal dari berbagai wilayah di daratan flores yang bekerja sama dengan BUJP Dua Putra Dwikor.

Upacara tersebut dihadiri oleh perwira Polres Sikka serta tim dari Direktorat Binmas Polda NTT yang dipimpin oleh Kompol Koilmo M. Bagailan, bersama personilnya Ipda Yehezkiel H. Ratu, dan Bripka Ever G. Tinenti.

“Dalam perkembangan pelaksanaan tugas pengamanan swakarsa sering terjadi satuan pengamanan (satpam) yang disiapkan untuk mengamankan suatu lingkungan kerjanya sering menjadi korban tanpa perlawanan. Untuk itu dipandang perlu adanya suatu pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme dalam bertugas,” ungkap Kapolres saat membacakan amanat Dir Binmas Polda NTT KBP Drs. Taufiq Tri Atmojo.

Kapolres melanjutkan, untuk lebih meningkatkan peran serta satuan pengamanan, perlu saya tekankan hal-hal sebagai berikut :

  1. Wujudkan sikap dan perilaku melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, khususnya di lingkungan kerja.
  2. Pegang teguh etika profesi pada diri, dalam melaksanakan tugas tanpa mengabaikan keselamatan diri.
  3. Tumbuhkan dan kembangkan terus kemampuan individu melalui pendidikan dan pelatihan, agar tetap dapat terpelihara tingkat disiplin dan profesionalisme yang handal.
  4. Kembangkan dan pahami secara baik dan benar, konsep pengamanan yang sesuai dengan lingkungan, serta bersikap proaktif dan antisipatif terhadap perubahan dan perkembangan di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya pelatihan tersebut, seorang petugas satpam mampu menjaga kondusifitas di lingkungan kerjanya. “Dengan pelatihan tersebut, mereka akan dibekali dengan kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam melakukan tugasnya di lapangan sebagai kepanjangan tangan tugas kepolisian dengan kewenangan terbatas,” terang Wakapolres usai membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan Satpam Gada Pratama di masa pandemi ini, dijelaskan Wakapolres, dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan ketat sebagai salah satu syarat.

“Semoga dalam kegiatan Pelatihan Satpam Gada Pratama ini Allah SWT selalu meridhoi kita semua dalam mengemban tugas keamanan Republik Indonesia dan pelatihan ini akan berlangsung selama 14 hari kedepan sampai pelantikan,” pungkasnya. (k21)