Wujudkan Kamseltibcarlatnas Yang Aman dan Tertib, Sat Lantas Polres Sikka Rutin Lakukan Operasi Penertiban Lalu Lintas

Wujudkan Kamseltibcarlatnas Yang Aman dan Tertib, Sat Lantas Polres Sikka Rutin Lakukan Operasi Penertiban Lalu Lintas

Tribratanewssikka.com, Maumere - Selasa, 26 Maret 2024, Satuan Lalu Lintas Polres Sikka kembali menggelar kegiatan penertiban ranmor (kendaraan bermotor) guna menciptakan kondisi lalu lintas yang aman, lancar, tertib, dan kondusif di wilayah hukum Polres Sikka. Operasi ini dilakukan pada pukul 06.30 hingga 08.00 WITA di Jalan Ahmad Yani (Depan Mako Polres Sikka) dan Jalan Gajah Mada (Depan Gelora Samador).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Ratna Yuda Tupong, didampingi oleh KBO Sat Lantas Ipda Efraim Emanuel beserta anggota personil Sat Lantas Polres Sikka, 4 personil Sat Samapta, dan 1 personil Kodim 1603.

“Sasaran utama dari kegiatan ini adalah para pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran secara kasat mata yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, antara lain tidak menggunakan Helm SNI, menggunakan Handphone saat berkendara, pengendara dibawah umur, pengendara sepeda motor yang  berbonceng lebih dari 1 orang, melawan arus, berkendara dalam pengaruh alkohol, melebihi batas kecepatan, knalpot racing (brong), kendaraan tidak dilengkapi dengan surat-surat, Pelanggaran Over Load dan Over Dimensi, Mobil Pick Up yang mengangkut orang, melanggar rambu Lalu Lintas,” jelas Kasat Lantas.

“Sebelum melakukan operasi personil melaksanakan apel, dan diberikan arahan sebelum pelaksanaan kegiatan penertiban, pada saat kegiatan dilakukan pemeriksaan terhadap pengendara kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan nomor kendaraan bermotor (TNKB) serta TNKB yang sudah melewati masa berlaku, serta melakukan penindakan berupa tilang maupun teguran kepada pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran,” tambahnya.

Hasil yang dicapai dari operasi ini antara lain adalah terciptanya kamseltibcar lantas di wilayah Kabupaten Sikka, peningkatan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan keselamatan dalam berkendara, serta upaya mencegah dan mengurangi pelanggaran serta angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sikka.

Kegiatan berlangsung dengan aman, lancar, dan tertib, menunjukkan komitmen Satuan Lalu Lintas Polres Sikka dalam menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih baik bagi seluruh masyarakat.