Anggota Polres Sikka dan Polsek Jajaran Laksanakan Tes Samjas Hari Pertama

Anggota Polres Sikka dan Polsek Jajaran Laksanakan Tes Samjas Hari Pertama
Anggota Polres Sikka dan Polsek Jajaran Laksanakan Tes Samjas Hari Pertama

Tribratanewssikka.com, Maumere – Polres Sikka melaksanakan kegiatan kesamaptaan jasmani (samjas) berkala periode I T.A. 2022 bertempat di Mapolres Sikka, Rabu (23/3) pagi.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, terhitung sejak hari ini hingga hari Jumat (25/3) mendatang. Seluruh personil Polres Sikka dan Polsek jajaran mengikuti kegiatan tes samjas ini yang sudah diagendakan setiap 6 bulan sekali.

Sebelum melaksanakan samjas, seluruh personil melakukan tes kesehatan guna mengecek kondisi kesehatan para peserta, kemudian dilanjutkan dengan pemanasan atau peregangan otot.

Adapun materi tes samjas yang harus dilalui yakni lari selama 12 menit, pull up, push up, sit up, dan shuttle run.

Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., melalui Kabag Sumda Akp Fabianus Kapa menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur dan meningkatkan kebugaran personil.

“Hal ini menjadi penting karena setiap personil Polri dituntut memiliki fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas,” ujar Kabag Sumda.

Adapun beberapa arahan kepada para peserta agar serius dalam pelaksanaan tes samjas tersebut, serta menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh guna meningkatkan umun tubuh pada masa pandemi covid-19.

Selain itu, kegiatan tes samjas ini juga salah satu factor pendukung pengembangan karier personil Polri antara lain persyaratan utnuk mengikuti Sespim, Sespimma, SIP, dan Sekolah Alih Golongan serta merupakan salah satu syarakat dalam pengusulan kenaikan pangkat. (k21)