APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA PENGAMANAN PILKADES SERENTAK DI SIKKA

APEL GELAR PASUKAN DALAM RANGKA PENGAMANAN PILKADES SERENTAK DI SIKKA

Dalam rangka menjelang pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak se-Kabupaten Sikka, di lapangan Apel Polres Sikka telah berlangsung Apel Gelar Pasukan , jumat, (22-1-2016 pukul 15.00 wita).

Yang bertindak sebagai Inspektur Apel Kapolres Sikka AKBP I Made Kusuma Jaya, SH., SIK. Komandan Apel Kasat Sabhara Iptu Ady Soeyatno, sedangkan Perwira Apel adalah Kabag Ops AKP Muh. Arif Sadikin, SH. Turut hadir di tenda undangan antara lain Bupati Sikka Ansar Rera dan segenap unsur FKPD Kab. Sikka, perwakilan panitia pemilihan Kades, perwakilan para camat, para tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Sikka menyampaikan beberapa poin sebagai pedoman bagi petugas yang melaksanakan pengamanan Pilkades, diantaranya : 1. Pahami tugas pokok dan tanggung jawab serta fokus pada tujuan pengamanan 2. Waspada terhadap setiap perkembangan situasi dan tidak terprovokasi atas adanya ancaman atau gangguan 3.Berikan pelayanan terbaik, tunjukkan komitmen moral dan etos kerja 4. Optimalkan kegiatan deteksi dini dengan melibatkan segenap komponen masyarakat, sehingga permaslahan sekecil apapun segera diketahui dan segera ditangani agar tidak meluas 5. Tidak terlibat dalam politik praktis apapun dan menjaga netralitas dalam pengamanan pilkades 2016 ini 6. Memberikan perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menentukan pilihannya dalam pilkades 7. Melaksanakan kegiatan pengamanan setiap tahapan pilkades secara proporsional, profesional, akuntabel serta junjung tinggi HAM 8. Bahu membahu dan bekerja sama dengan segenap komponen masyarakat dan instansi yang terlibat pengamanan, sekaligus menjaga soliditas dan kekompakkan dalam pelaksanaan tugas pengamanan pilkades agar semua dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Kapolres Sikka juga mengharapkan agar para calon kepala desa yang akan berkompetisi untuk dapat menjunjung tinggi kejujuran dan sportifitas serta hindari tindakan-tindakan curang, menghalalkan segala cara, menggunakan kekerasan dan atau perbuatan melanggar hukum lainnya dalam mencapai tujuan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolres Sikka juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak TNI, Pol PP Kab. Sikka, para Linmas, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat serta semua pihak yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak 2016.