Bhabinkamtibmas Desa Gera Tingkatkan Patroli Dialogis, Jaga Stabilitas Jelang Pemilu

Tribratanewssikka - Maumere.,Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Bhabinkamtibmas Desa Gera, Aiptu Dewa Gede Swijana, memperketat kegiatan patroli dialogis di wilayah binaannya untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap kondusif. Pada Senin pagi (23/9), patroli tersebut dilaksanakan di Rt/Rw 002/002, Dusun Gera I, Desa Gera, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, mulai pukul 09.00 WITA.

Dalam patroli tersebut, Aiptu Dewa tak hanya sekadar berkeliling, tetapi juga memberikan sejumlah imbauan penting kepada masyarakat. Ia mengajak warga untuk aktif bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menjaga stabilitas keamanan menjelang Pilkada. Masyarakat diimbau untuk segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika terjadi tindak pidana, dan selalu mematuhi aturan berlalu lintas dengan melengkapi surat-surat kendaraan serta menggunakan helm bagi pengendara dan penumpang.

"Partisipasi aktif masyarakat sangat penting untuk menciptakan suasana aman dan damai selama proses pemilihan berlangsung. Dengan sinergi antara aparat keamanan dan warga, kita bisa mencegah potensi gangguan keamanan," ujar Aiptu Dewa kepada warga setempat.

 

Selama patroli, Aiptu Dewa menggunakan sepeda motor dinas Bhabinkamtibmas jenis R2 Versa, menyusuri beberapa wilayah di Dusun Gera I. Kegiatan yang berlangsung selama satu jam tersebut berakhir pada pukul 10.00 WITA dengan suasana yang aman dan kondusif. Warga yang dikunjungi menyambut positif imbauan dari Aiptu Dewa dan menyatakan siap untuk bekerja sama menjaga situasi kamtibmas di Desa Gera.

 

Kegiatan patroli dialogis ini menjadi salah satu langkah proaktif Polri dalam mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus mengantisipasi berbagai potensi kerawanan menjelang Pilkada. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara petugas dan masyarakat, diharapkan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Sikka dapat berjalan lancar, aman, dan damai.