Hari Perdana Masuk Kantor, Kapolres AKBP Rickson Situmorang, SIK Sampaikan Commander Wish Kapolda NTT

Hari Perdana Masuk Kantor, Kapolres AKBP Rickson Situmorang, SIK Sampaikan Commander Wish Kapolda NTT

Tribratanewssikka.com - Pada hari perdana berdinas di Polres Sikka pada hari Kamis pagi (18/1/2018), Kapolres Sikka AKBP Rickson P.M. Situmorang, SIK menyampaikan Commander Wish berupa Kebijakan dan Strategi Kapolda NTT bertempat di Aula "Kemala Hikmah" Polres Sikka.

Acara Commander Wish berupa Kebijakan dan Strategi Kapolda NTT oleh Kapolres Sikka tersebut dihadiri oleh para Kabag, para Kasat, para Kapolsek jajaran Polres Sikka, para Kasi, Senior Polwan Polres Sikka serta para awak media, dari media cetak, konvensional maupun media online.

Adapun Kebijakan dan Strategi Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Raja Erizman yang disampaikan oleh Kapolres Sikka, yakni :

Kebijakan :

Meningkatkan kepercayaan masyarakat NTT kepada Polisinya melalui peningkatan kinerja, mendekatkan Polisi dengan rakyat, pembenahan kultur dan peningkatan kemampuan mengelola media.

Strategi :

  1. Meningkatkan kinerja dan moderinisasi.
  2. Melakukan pembenahan kultur.
  3. meningkatkan kemampuan mengelola media.
DSCF6785

Sementara itu, ada pula penekanan-penekanan Kapolda NTT diantaranya adalah :

  1. Identifikasi permasalahan Pemilukada 2018, sehingga potensi konflik dapat ditanggulangi agar pelaksanaan Pilkada 2018 dapat berjalan sukses serta kedepankan pola Netralitas.
  2. Polri yang promoter harus dapat terlaksana secara optimal di Polda NTT guna meningkatkan kepercayaan publik, dukung sepenuhnya program pemerintah dan institusi dengan lakukan perbaikan, tingkatkan budaya kerja dan revolusi mental internal dan masyarakat.
  3. Bangun kemitraan dengan stakeholder ( komunitas kamtibmas ) dalam memciptakan masyarakat yang berkarakter, berkepribadian bangsa, dan budaya kerja ( revolusi mental ).
  4. Lebih proaktif menangani permasalahan dan konflik sosial, kedepankan pencegahan dengan menguatkan fungsi dan peran Anggota Bhabinkamtibmas, penyelesaian pada akar masalah serta mengedepankan alternatif dispute resolution ( ADR ) dan restorative justice (RS).
  5. Mantapkan sinergitas Polisional dengan TNI, Kementerian / Lembaga, Pemda serta seluruh elemen masyarakat.
  6. Perkuat fungsi Humas, dalam rangka tingkatkan citra Polri dengan mengelola media, pemberitaan yang berimbang dan terus tingkatkan pelayanan masyarakat berbasis teknologi.
  7. Indonesia darurat Narkoba, agar para Kasatwil ungkap dan gakkum para pelaku kejahatan Narkoba, harus mampu petakan jaringan, jalur distribusi, bandar sampai dan seluruh pelaku yang terlibat.
  8. Ukir prestasi di lingkup kerja masing masing, termasuk prestasi penanganan kejahatan Narkotika, Terorisme, Lundup dan peredaran Senpi Handak, komoditas ekonomi dan perdagangan, perdagangan manusia, kejahatan kekerasan dan resahkan masyarakat, Ilegal Loging, Ilegal Mining dan Ilegal Fishing, kejahatan kekayaan negara & pengandalian Konflik sosial.
  9. Antispasi perang dunia yang dapat berpengaruh pada kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan cara :
  • Tingkatkan sikap ramah tamah terhadap masyarakat.
  • Layani masyarakat dengan tulus, tidak arogan, berperilaku tidak pantas sebagai aparat Polri maupun tindakan lain yang kontra produktif.

Sedangkan diakhir paparannya, Kapolres Sikka memberikan arahan dan penekanan, yakni jaga solidaritas dan kompak dalam bertugas, perhatikan sikap tampang baik saat bertugas di lapangan maupun di media sosial, jalin kemitraan dengan awak media yang ada serta jaga Netralitas Polri dalam penyelenggaran Pilkada Serentak 2018 di Kab. Sikka.

Zul zAzg*

#kamihumaspolri