Kapolres Sikka Pimpin Upacara Penutupan Pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang VII Tahun 2024 di Lapangan Mako Polres Sikka

Kapolres Sikka Pimpin Upacara Penutupan Pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang VII Tahun 2024 di Lapangan Mako Polres Sikka

Tribratanewssikka.com-Maumere, 18 Juli 2024 – Pada Kamis pagi, pukul 08.00 WITA, di lapangan apel Polres Sikka, Jalan Jenderal Ahmad Yani 1 Maumere, telah dilaksanakan upacara penutupan Pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang VII tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Polda NTT di wilayah hukum Polres Sikka.

Upacara ini dipimpin oleh Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata H., SIK, M.M, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir dalam upacara ini Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos, SIK, para Pejabat Utama (PJU) Polres Sikka, para Kapolsek jajaran Polres Sikka, serta para perwira dan ASN Polres Sikka.

Upacara penutupan ini diikuti oleh berbagai peleton yang terdiri dari: Peleton Satuan Sat Samapta. Pleton Satuan Polair. Pleton Satuan Lantas. Peleton Peserta Satpam. Peleton Gabungan Staf. Pleton Satuan Intelkam. Pleton Satuan Reskrim dan Narkoba.

Susunan upacara penutupan pelatihan ini meliputi: Komandan upacara memasuki lapangan upacara, pasukan disiapkan. Inspektur Upacara tiba di tempat upacara. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Penghormatan kepada Inspektur Upacara. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Pernyataan penutupan pelatihan oleh Inspektur Upacara. Penyematan tanda peserta pelatihan. Pembacaan Janji Satpam. Pemberian sertifikat Satpam oleh Kapolres Sikka. Amanat Inspektur Upacara. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Penghormatan kepada Inspektur Upacara. Doa. Inspektur Upacara meninggalkan lapangan upacara.Upacara selesai, pasukan dapat diistirahatkan.

 

Dalam amanatnya, Kapolres Sikka menyampaikan beberapa pesan penting kepada para peserta pelatihan. Ia mengingatkan agar para Satpam menghayati dan memedomani prinsip-prinsip penuntun dalam pelaksanaan tugas. 

 

Diharapkan kemampuan yang diperoleh selama pelatihan dapat diaplikasikan dengan baik dalam tugas pengamanan fisik di lingkungan kerja masing-masing. 

 

Kapolres juga menekankan pentingnya koordinasi dengan unsur terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta mengajak para Satpam untuk menampilkan jati diri yang profesional dan menjadi teladan bagi rekan-rekan yang belum mengikuti pelatihan.

 

Upacara penutupan pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang VII tahun 2024 ini berlangsung dengan aman dan lancar. Kegiatan ini berakhir pada pukul 08.30 WITA