Kapolres Sikka Hadiri Apel Siaga Eliminasi Selektif Rabies Bersama Forkopimda Kabupaten Sikka

Kapolres Sikka Hadiri Apel Siaga Eliminasi Selektif Rabies Bersama Forkopimda Kabupaten Sikka

Tribratanewssikka.com, Maumere - Pada hari Senin, tanggal 22 April 2024, pukul 08.00 Wita, aula lantai III kantor Bupati Sikka, Jl. Eltari, Kel. Kota Uneng, Kec. Alok, Kab. Sikka menjadi saksi atas dilaksanakannya kegiatan apel siaga eliminasi selektif rabies bersama Forkopimda Kabupaten Sikka. Acara tersebut dipimpin oleh Pj Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, S.E., M.Si.

Berbagai pihak terkait turut hadir dalam apel tersebut, di antaranya adalah Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Ady Darmawan, S.I.P., P.S.C., Dandim 1603/Sikka, Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, S.I.P., Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H. S.I.K., M.M., Danyon B Brimob Maumere AKP Mikael Sewu, Kajari Sikka, Fatoni Hatam, SH.,MH., Kasat Intelkam Polres Sikka IPTU Suparjo, S. Sos., Kasat Binmas Polres Sikka AKP Mikael Donis, Kasat Sabhara Polres Sikka AKP Putu Sumadi, SH., Kadis Peternakan Kab. Sikka Jemy Sadipung, Plt. Kadis Kesehatan Kab. Sikka Petrus Herlemus S. Apt, M.H., Kepala Satpol PP Kab. Sikka A.D Buang Da Cunha, Sekda Kab. Sikka Margaretha Molvades Da Maga Bapa ST.,M.Eng., Perwakilan Dinas Perhubungan, serta Para Camat Sekabupaten Sikka.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Sikka mengungkapkan keprihatinannya atas peningkatan kasus rabies di Kabupaten Sikka. Dampaknya tidak hanya meresahkan, namun juga mengganggu keamanan di lingkungan masyarakat. Upaya-upaya sosialisasi dan himbauan mengenai dampak rabies belum menunjukkan efektivitas yang diharapkan, karena kasus rabies terus meningkat.

Untuk mengatasi hal ini, langkah eliminasi dipandang sebagai langkah paling efektif. Oleh karena itu, setelah apel, para camat dan lurah diharapkan untuk melakukan rapat koordinasi dan konsultasi bersama TNI/Polri guna pelaksanaan eliminasi Hewan Peliharaan Rabies (HPR) di wilayah masing-masing.

Pj Bupati juga menyampaikan dukungan penuh terhadap TNI/Polri dalam pelaksanaan kegiatan eliminasi serta sosialisasi yang akan dilaksanakan. Apel siaga gabungan ini merupakan langkah konkret dalam rangka melakukan eliminasi selektif anjing rabies yang ada di wilayah Kabupaten Sikka.

Rangkaian kegiatan apel siaga eliminasi berhasil berjalan dengan aman dan lancar, berakhir pada pukul 08.30 Wita. Semua pihak yang terlibat berharap bahwa upaya ini akan membawa dampak positif dalam mengurangi kasus rabies di Kabupaten Sikka.