Kapolres Sikka Menghadiri Kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia Oleh Presiden RI

Kapolres Sikka Menghadiri Kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional  Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia Oleh Presiden RI
Kapolres Sikka Menghadiri Kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional  Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia Oleh Presiden RI

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K, menghadiri kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia Oleh Presiden RI di Dusun Mageloo, Desa Reroroja, Kec. Magepanda, Kab. Kab. Sikka, Senin (15/05/2023).

Kegiatan ini digelar oleh Lanal Maumere yang bertajuk MANGROVE FOR BETTER LIFE Lanal Maumere menggelar Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak di Wilayah Kabupaten Sikka Tahun 2023 bertempat di Dusun Mageloo, Desa Reroroja, Kec. Magepanda, Kab. Sikka dan dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Sikka, Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut ( P ) Ady Dharmawan, S.I.P, P.S.C, Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., Kepala Kejaksaan Negeri Maumere Fatoni Hatam, S.H, M.H., Kepala BRI Cab. Maumere Heru Pratomo, Kepala Bank Mandiri Thomi Serif Ilmawan, General Manager Pelindo III Maumere Eri Ardiyanto, Kepala Kantor Pajak Pratama Maumere Pratikno, SE, ME, Kepala PLN Ropa Danang A. Rido, Wakapolres Sikka Kompol Rullyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., dan Perwakilan Ketua Pengadilan Maumere Roki Magfur, S.H.

Kegiatan ini diawali dengan penanaman Mangrove oleh Presiden RI secara live melalui Zoom Meeting dan diikuti penanaman secara serentak di seluruh indonesia.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Tanaman Mangrove memiliki berbagai manfaat dan peran yang amat krusial bagi keberlanjutan lingkungan. Hutan Mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus ombak dan pasang surut.

Sistem Akar Mangrove juga membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator. Topografi Kabupaten Sikka yang sebagian berbatasan langsung dengan garis pantai yang cukup panjang, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Penanaman Mangrove menjadi salah satu hal yang cukup signifikan untuk menjaga supaya terhindar dari bahaya rob, pasang surut air laut yang berakibat pada erosi dan hal lainnya.