Kapolres Sikka Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024

Kapolres Sikka Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024
Kapolres Sikka Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024

Sikka, 24 Agustus 2024 - Pada hari Sabtu, pukul 07.30 WITA, bertempat di Lapangan Apel Polres Sikka, Jl. Jend. Ahmad Yani No. 1, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024. Acara ini digelar dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 dengan tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2024, Kita Tingkatkan Sinergitas Polri dengan Instansi Terkait dalam Rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 Menuju Indonesia Maju di Wilayah Kabupaten Sikka."

Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M., sebagai Inspektur Apel, dengan Komandan Apel IPTU Muslikhan A. Sara, S.M., M.M. Hadir pula sejumlah pejabat penting, termasuk perwakilan dari Kodim 1603 Mayor Inf Sadiman, perwakilan Lanal Maumere Mayor (P) Agoes Soeseno, Kadis Perhubungan Mauritius Minggo, ST., MT., Kadis Dukcapil Putu Bota, Ketua Bawaslu Sikka Florita Ida Juang, Ketua KPU Sikka Hermanto, SH., Wadanyon B Pelopor AKP Agus Silufester, Kasat Pol PP Sikka Àdeodatus Buang Da Cunha, Kasi Ops Basarnas Maumere Suryaman, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sikka Oki Prastyo Ajie, SH., MH., serta para Kabag, Kasat, dan Kapolsek Jajaran Res Sikka, serta perwakilan dari berbagai partai politik.

Apel ini diikuti oleh satu peleton dari masing-masing instansi, termasuk Kodim 1603 Sikka, Lanal Maumere, Brimob Yon B Pelopor, Samapta, Lantas, Staf Polres Sikka, Polair, Intel, Resnarkoba, Pol PP Sikka, Basarnas, Dishub Kabupaten Sikka, PMI Sikka, dan OMK.

Dalam apel tersebut, Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M., memasang pita kepada perwakilan dari Kodim 1603 Sikka, Lanal Maumere, Brimob Den B Maumere, Polres Sikka, Basarnas, dan Dishub Kabupaten Sikka sebagai tanda dimulainya Operasi Mantap Praja Turangga 2024. Operasi ini akan berlangsung selama 121 hari, terhitung mulai 27 Agustus 2024 hingga 25 Desember 2024.

Kapolres Sikka dalam sambutannya menekankan pentingnya pemahaman, penguasaan, dan pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada 2024 sesuai prosedur. Ia juga mengimbau agar seluruh potensi masyarakat digalang dan dibina untuk memberikan informasi terkait gangguan kamtibmas serta berpartisipasi aktif dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Kapolres juga menekankan pentingnya kesiapan fisik dan mental, serta menjaga kekompakan antar unsur pengamanan dan penyelenggara pemilu. Ia juga mengingatkan para petugas untuk bertindak jujur, adil, dan netral dalam menjalankan tugas, seraya berharap semoga semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

Operasi Mantap Praja Turangga 2024 ini diharapkan dapat memastikan terselenggaranya Pilkada 2024 di Kabupaten Sikka dengan aman, tertib, dan kondusif, menuju Indonesia yang semakin maju.