Operasi Zebra Turangga 2024 di Polres Sikka: Tertib Lalu Lintas untuk Keamanan Bersama

Operasi Zebra Turangga 2024 di Polres Sikka: Tertib Lalu Lintas untuk Keamanan Bersama

Tribratanewssikka.com - Maumere, 15 Oktober 2024 – Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban berlalu lintas menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pemilu tahun 2024, Satuan Lalu Lintas Polres Sikka melaksanakan “Operasi Zebra Turangga 2024” pada hari Selasa, 15 Oktober 2024. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Ratna Yuda Tupong, dimulai sejak pukul 06.30 Wita.

Operasi Zebra Turangga 2024 merupakan program nasional yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024. Tujuan dari operasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Dalam pelaksanaannya, petugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai berbagai pelanggaran yang menjadi sasaran operasi. 

Beberapa pelanggaran tersebut meliputi: Pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara. Pengemudi di bawah umur. Pengendara yang berboncengan lebih dari dua orang. Pengemudi yang tidak menggunakan helm SNI dan sabuk pengaman. Pengemudi yang berada di bawah pengaruh minuman keras. Pengemudi yang melawan arus. Pengemudi yang melebihi batas kecepatan. Pengangkutan barang/benda yang mencurigakan. 

Selain itu, petugas juga melaksanakan penegakan hukum terhadap pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan disiplin di jalan raya dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

 

Satuan Lalu Lintas Polres Sikka juga aktif memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas serta melakukan pengaturan arus di titik-titik keramaian. Dengan langkah ini, diharapkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas dapat meningkat, sehingga menciptakan situasi lalu lintas yang lebih aman dan nyaman.

 

Kegiatan Operasi Zebra Turangga 2024 berlangsung aman dan lancar, dan ditutup pada pukul 09.00 Wita. Operasi ini merupakan bagian dari upaya Polres Sikka untuk menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif, menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

 

Dengan langkah nyata ini, Polres Sikka berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan raya demi kenyamanan dan keselamatan masyarakat.( Cm²4 )