Patroli Operasi Mantap Praja Turangga 2024 Amankan Tahapan Kampanye di Kabupaten Sikka

Patroli Operasi Mantap Praja Turangga 2024 Amankan Tahapan Kampanye di Kabupaten Sikka

Tribratanewssikka.com -Maumere., 8 Oktober 2024 – Jajaran Polres Sikka menggelar patroli pengamanan dalam rangka Operasi Mantap Praja Turangga 2024, untuk memastikan situasi kondusif selama tahapan kampanye Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Sikka. 

Patroli ini dimulai pada Selasa malam (8/10) pukul 19.00 WITA dengan apel pengecekan di Lapangan Apel Polres Sikka, dipimpin oleh Kasubbagdalops Polres Sikka IPTU Valentinus Tani.

Apel ini bertujuan untuk mempersiapkan personel yang terlibat dan memberikan arahan mengenai sasaran patroli. Sebanyak 21 personel yang tergabung dalam Surat Perintah Kapolres Sikka Nomor: Sprin/860/IX/PAM.3.3/2024, bertugas mengamankan beberapa titik penting di wilayah hukum Polres Sikka.

Tim patroli memulai pengamanan di lokasi kampanye dialogis dari pasangan calon nomor urut 3, yang berlangsung di halaman rumah Agusto Bernabas Misa Wasa, Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur. Kegiatan berlangsung aman tanpa adanya gangguan keamanan.

Tim melanjutkan patroli cipta kondisi di sekitar wilayah Kota Maumere, menyusuri sejumlah jalan utama seperti Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Sudirman, Yos Sudarso, Diponegoro, Eltari, Litbang, dan Anyelir. Selama patroli, situasi terpantau aman dan tidak ada indikasi gangguan kamtibmas.

Tim juga memeriksa keamanan di Kantor KPU Kabupaten Sikka di Jalan Eltari Dalam serta Kantor Bawaslu di Jalan Litbang, Kelurahan Kota Uneng. Personel yang bertugas di kedua lokasi diminta untuk tetap waspada dan menjaga keamanan dengan penuh tanggung jawab. Tim patroli turut memberikan arahan, mengecek buku mutasi, dan memberikan vitamin kepada personel yang bertugas.

Setelah rangkaian patroli selesai pada pukul 20.50 WITA, dilakukan apel konsolidasi yang dipimpin oleh IPTU Valentinus Tani. Dalam arahannya, ia mengapresiasi kinerja personel yang menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan menekankan pentingnya menjaga kesehatan menjelang pemilukada yang akan berlangsung selama dua bulan ke depan. 

 

Ia juga mengingatkan pentingnya penginputan data melalui aplikasi Early Warning System (EWS) dan pengumpulan hasil kegiatan harian melalui Aplikasi SOT untuk menghindari teguran dari Polda NTT.

 

Seluruh rangkaian kegiatan patroli yang berlangsung hingga pukul 21.00 WITA berjalan dengan aman, lancar, dan tanpa kendala berarti. Polres Sikka terus berkomitmen menjaga stabilitas kamtibmas selama tahapan Pemilukada 2024, khususnya di wilayah Kabupaten Sikka. ( Cm²4 )