Pelatihan Gada Pratama 2021 di Polres Sikka Resmi Ditutup

Pelatihan Gada Pratama 2021 di Polres Sikka Resmi Ditutup

Kapolres Sikka AKBP SAJIMIN, S.I.K.,M.H secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama tingkat Polda Nusa Tenggara Timur Gelombang – 5  tahun 2021 bertempat di Aula P.A Tiwon Kota Maumere, Selasa (23/11/2021).


Pelatihan dasar Satpam Gada Pratama Timur Gelombang – 5  diikuti oleh 150 orang peserta umum yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti pelatihan. Kegiatan pelatihan dasar satpam ini berlangsung selama 14 hari dimulai sejak tanggal 08 November 2021 sampai dengan hari ini Selasa 23  November 2021 dibawah bimbingan dan pengasuhan dari para instruktur baik Perwira dan Brigadir Dir Binmas Polda NTT dan polres Sikka .


Kapolres Sikka selaku Inspektur upacara pada penutupan pelatihan dasar satpam mengatakan membacakan amanat Kapolda NTT melalui Direktorat Binmas Polda NTT bahwa para peserta yang  telah mengikuti pelatihan ini yang tentunya banyak hal baru yang diketahui dan pahami. Namun pengetahuan yang peserta serap selama pelatihan ini belumlah cukup untuk menjadi bekal dalam pelaksanaan tugas nantinya, karena itu kembangkanlah ilmu yang ada sesuai dengan kondisi lingkungan kerja masing – masing, sehingga para peserta mampu dan sukses dalam melaksanakan tugas guna mengantisipasi perkembangan modus operandi gangguan kamtibmas yang secara  kwalitas maupun kwantitas menunjukan grafik peningkatan yang cukup signifikan sehingga situasi aman dan tertib dalam suatu lingkungan kerja merupakan dambaan dari semua pihak dapat terwujud.

Berkaitan dengan itu maka satpam sebagai potensi masyarakat yang tumbuh dan berkembang menjadi salah satu tumpuan    dalam    menyelenggarakan keamanan secara swakarsa pada lingkungan / kawasan kerja  tertentu dengan tetap berpedoman pada metode dan teknik pengamanan yang menjadi pola polri. oleh karena itu satpam pada lingkungan kerja tertentu selain  sebagai unsur membantu pimpinan yang bersangkutan juga adalah mitra polri dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya seirama dengan trend perkembangan kamtibmas dewasa ini.
     
Harapan saya manfaatkan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan dasar ini sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas saudara – saudara, karena terciptanya rasa aman dan tertib ditentukan oleh sejauh mana kemampuan saudara menguasai dan memahami segala ketentuan dan prosedur tugas yang berlaku.

Terselenggaranya pelatihan gada pratama satpam ini, karena adanya rasa tanggung jawab bersama antara pengguna jasa pengamanan dan polri dalam penanggulangan gangguan kamtibmas khususnya pada lingkungan kerjanya masing – masing, oleh karena itu melalui kesempatan yang baik ini saya selaku penanggung
jawab    kamtibmas di wilayah ini menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan / instansi badan usaha pengguna jasa satpam atas partisipasi dalam penyelenggaraan pelatihan ini. 

Adapun beberapa penekanan kepada para anggota satpam yang baru menyelesaikan pelatihannya, sebagai berikut :
hayati dan pedomani prinsip – prinsip          penuntun   satpam dalam pelaksanaan tugas saudara, berbekal dari kemampuan yang saudara peroleh dari pelatihan ini hendaklah saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik khususnya dalam menyelenggarakan pengamanan fisik di lingkungan kerja saudara, tingkatkan koordinasi dengan unsur terkait lainnya dalam melaksanakan tugas      pembinaan       keamanan dan ketertiban khususnya di lingkungan kerja masing – masing, dan tampilkan jati diri saudara – saudara sebagai petugas yang profesional dalam melaksanakan tugas dan tularkanlah ketauladanan kepada rekan – rekan saudara yang belum mengikuti pelatihan. CF7