Pendaftaran Pilkada Sikka Hari Ketiga: Paslon Absen, Polres Sikka Tetap Siaga

Tribratanewssikka.com - Maumere, 29 Agustus 2024 — Polres Sikka kembali menunjukkan komitmennya dalam mengawal proses demokrasi di Kabupaten Sikka dengan menggelar apel lanjutan persiapan pengamanan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sikka pada Kamis malam (29/8). Apel ini berlangsung di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sikka di Jl. El Tari Dalam, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok.

Dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Sikka, AKP I Wayan Oka Deswanta, SE, apel dimulai tepat pukul 20.00 WITA. Hadir dalam apel ini sejumlah pejabat utama Polres Sikka, termasuk Wadanyon B Pelopor Maumere AKP Agustinus Silvester, SE, Pasi Ops Brimob Pelopor Maumere AKP Sastrawan, Kasat Reskrim Polres Sikka AKP Jumpatua Simanjorang, STK, SIK, Kasat Lantas Polres Sikka Ibu Ratna Yuda Tupong, serta Kasi Humas Polres Sikka dan beberapa perwira lainnya. Selain itu, personel Polres Sikka yang tergabung dalam Surat Perintah (Sprin) Kapolres Sikka Nomor: Sprin / 699 / VIII / PAM.3.3. / 2024 juga turut hadir bersama personel Brimob Yon B Maumere.

Dalam arahannya, AKP I Wayan Oka Deswanta menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan profesionalisme setiap personel dalam melaksanakan tugas pengamanan. "Kita harus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan tetap waspada terhadap segala situasi yang mungkin terjadi di sekitar kantor KPUD. Setiap potensi gangguan harus diantisipasi agar proses pendaftaran ini dapat berlangsung dengan lancar dan aman," ujarnya tegas.

Untuk memastikan ketertiban dan keamanan selama proses pendaftaran, Polres Sikka membatasi akses masuk ke ruang pendaftaran. Hanya bakal pasangan calon beserta suami atau istri, partai pengusung, dua petugas penghubung (LO), dan admin Silonkada yang diizinkan masuk. Kebijakan ini diterapkan untuk mencegah kerumunan yang berlebihan dan menjaga kelancaran proses pendaftaran.

 

Apel persiapan pengamanan ini berlangsung selama 20 menit dan selesai pada pukul 20.20 WITA dalam situasi yang aman dan terkendali. Selama apel, tidak ada insiden yang mengganggu jalannya acara.Namun demikian, proses pengamanan yang telah disiapkan dengan baik ini tidak jadi dilaksanakan karena pasangan calon yang dijadwalkan untuk mendaftar pada malam itu tidak hadir di Kantor KPUD dengan alasan yang belum dijelaskan dan akan menanti  rilis resmi dari KPUD Kab. Sikka yang sedianya akan dilangsungkan pada pukul 23.59 Wita.

 

Menanggapi situasi ini, AKP I Wayan Oka Deswanta segera mengadakan apel konsolidasi untuk menginformasikan bahwa Personil Pengamanan dapat kembali beristirahat, kecuali beberapa personel yang tetap ditugaskan untuk siaga di Kantor KPUD sesuai dengan aturan pengamanan yang berlaku, yaitu dari pukul 20.00 hingga 23.59 WITA. Dengan menempatkan personel untuk tetap siaga, Polres Sikka memperlihatkan dedikasi dan keseriusannya dalam mengawal setiap tahapan Pilkada Kabupaten Sikka, memastikan proses demokrasi berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. (Cm²⁴)