Pengamanan Sidang Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang di PN Maumere Berlangsung Kondusif

Tribratanewssikka.com - Maumere., 24 September 2024 – Satuan Samapta Polres Sikka melalui Unit Turjawali melaksanakan pengamanan sidang kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan terdakwa Yuvensius Solo alias Joker di Pengadilan Negeri (PN) Maumere. Kegiatan pengamanan ini bertujuan untuk memastikan jalannya persidangan berjalan aman, tertib, dan kondusif.

Pengamanan dimulai pukul 09.30 WITA dengan penempatan personel di area luar dan dalam gedung PN Maumere. Setiap pengunjung yang hadir dalam persidangan dilakukan pemeriksaan ketat untuk memastikan keamanan di ruang sidang. Kasat Samapta Polres Sikka, IPTU Putu Sumadi, SH, yang memimpin langsung operasi pengamanan ini, menegaskan bahwa protokol pengamanan ditingkatkan guna mencegah terjadinya gangguan selama persidangan.

Sidang kali ini beragendakan Pemeriksaan Saksi, di mana sejumlah saksi penting dimintai keterangan oleh Majelis Hakim. Sidang dipimpin oleh Hakim Ketua, Nithanel N. Ndaumanu, SH, M.H, didampingi Hakim Anggota Mira Herawati, SH dan Widyastomo Isworo, SH. Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang hadir dalam persidangan adalah Ahmad Jubair, SH dan Dian Mario, SH, M.H.

Pada pukul 12.30 WITA, sidang diskors sementara untuk istirahat dan dijadwalkan akan dilanjutkan kembali pada pukul 13.30 WITA dengan agenda lanjutan pemeriksaan saksi. Hingga saat ini, situasi di Pengadilan Negeri Maumere terpantau aman dan kondusif, tanpa adanya gangguan berarti.

Sebanyak 8 personel Unit Turjawali Sat. Samapta Polres Sikka diterjunkan dalam pengamanan persidangan ini, dipimpimpin IPTU Putu Sumadi, SH selaku pimpinan operasi, didampingi IPTU I Made Sutama sebagai Kaur Bin Ops dan AIPDA Agustinus Harapan selaku Kanit Turjawali dan didukung oleh personel lainnya, di antaranya BRIPKA Firgilius P. Kela, BRIPDA Reynaldi Mesak, BRIPDA Marianus Kaben, BRIPDA Dito Mendonca, BRIPDA Assamir Rifqi Kalam, BRIPDA Paskalis Bera, BRIPDA Wihelmus Kase, dan BRIPDA Rizal Asraka.

 

Dalam pelaksanaan pengamanan, turut digunakan 1 unit mobil D-Max dan 1 unit mobil Dalmas untuk mendukung mobilitas personel selama kegiatan berlangsung. Kendaraan ini disiagakan di sekitar area PN Maumere untuk mengantisipasi kebutuhan operasional mendadak.

 

Sidang kasus perdagangan orang dengan terdakwa Yuvensius Solo alias Joker berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. Pengamanan ketat terus dilakukan hingga seluruh agenda sidang pada hari ini selesai.

 

Polres Sikka memastikan bahwa keamanan di lingkungan PN Maumere tetap menjadi prioritas utama untuk menjamin proses hukum berjalan dengan baik dan sesuai prosedur. (Cm²4)