Bimbingan Teknis Penggiat P4GN di Kabupaten Sikka Berlangsung Sukses

Bimbingan Teknis Penggiat P4GN di Kabupaten Sikka Berlangsung Sukses

Tribratanewssikka.com-Maunere, Selasa, tanggal 16 Juli 2024, pukul 08.30 WITA, telah diselenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat P4GN oleh BNN Provinsi NTT di Aula Hotel Silvia Maumere, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. Acara ini melibatkan berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Pemda Kabupaten Sikka dan stakeholder terkait.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para penggiat P4GN ini dibuka dengan registrasi peserta oleh panitia. Para peserta terdiri dari perwakilan dinas dan instansi terkait serta anggota Polres Sikka, yakni Kasat Binmas Polres Sikka AKP Mikael D. Donis, Kasat Narkoba IPTU Muslikan Sara S.M.M.M (diwakili anggota), dan Kasat Polair IPDA Herson Liman (diwakili anggota).

 

Materi pertama dalam acara ini adalah Public Speaking bagi Penggiat P4GN yang disampaikan oleh Praktisi Komunikasi Manyelus Dori Bastian, S. Sos, M.A. Sesi ini memberikan wawasan penting mengenai teknik komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan pencegahan narkoba kepada masyarakat.

 

Selanjutnya, Penyuluh Narkoba BNN Provinsi NTT Anom Guritno, S. Sos, memberikan materi tentang Metode Pencegahan dalam Upaya P4GN. Materi ini menekankan berbagai strategi pencegahan yang dapat diterapkan di lingkungan masyarakat untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi Pengetahuan Dasar Adiksi Konseling dan Rehabilitasi yang dibawakan oleh Koordinator Perencanaan dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi NTT, Ibu Lia Novika Ulya, SKM. Sesi ini memberikan pemahaman tentang penanganan adiksi dan proses rehabilitasi bagi pengguna narkoba.

 

Tak kalah penting, sesi Literasi Digital dalam P4GN yang kembali dibawakan oleh Anom Guritno, S. Sos, memberikan wawasan mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan oleh Pj. Sekda Kabupaten Sikka, Margareta M. Da Maga, ST. M.Eng., pada pukul 14.00 WITA. Seluruh rangkaian acara berlangsung aman dan tertib, memberikan manfaat besar bagi para peserta dalam upaya mereka mencegah dan mengurangi penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sikka.