Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2022, Kapolres Sikka Tekankan 6 Hal Ini

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2022, Kapolres Sikka Tekankan 6 Hal Ini
Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2022, Kapolres Sikka Tekankan 6 Hal Ini

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kepolisian Resor Sikka, jajaran Polda NTT melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Turangga 2022, Senin (13/6) pukul 08.30 wita.

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K.

Hadir juga dalam apel gelar tersebut Dandim 1603 Sikka Letkol Inf. Muhammad Djafar, Kepala Kejaksaan Negeri Maumere Fahmi, S.H., M.H., Kepala Kantor Samsat Maumere bersama staf, serta staf Dinas Perhubungan Kab. Sikka.

“Permasalahan di bidang lalu lintas, telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya” ucap Kapolres dalam pembuka amanatnya.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan.  Data jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah hukum Polres Sikka berdasarkan data dari Satuan Lalu Lintas dari bulan Januari sampai dengan Mei 2022 sebanyak 20 kejadian dengan korban meninggal dunia 11 orang, luka berat 3 orang dan luka ringan 19 orang. Jumlah pelanggaran lalu lintas sejumlah 1.109 pelanggaran dengan tindakan sebanyak 306 penilangan dan 803 teguran.

Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas di tengah pandemi covid-19, Polri melaksanakan operasi kepolisian tingkat Polda dan Polres dengan sandi Operasi “Patuh Turangga 2022” yang dilaksanakan selama 14 hari dimulai dari 13 Juni – 26 Juni 2022 secara serentak di seluruh Indonesia.

(Pemeriksaan Pasukan Oleh Inspektru Apel)

“Operasi Patuh ini diharapkan dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap,” tegas AKBP Nelson dalam amanatnya.

Kapolres menekankan 6 (enam) hal ini dalam amanatnya, selama operasi agar :

  1. Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas;
  2. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamselitbcarlantas dan bahaya covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet, dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial;
  3. Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri;
  4. Lakukan operasi patuh ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat;
  5. Wujudkan kamseltibcarlantas yang mantap dan cegah penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan;
  6. Selalu memanjatkan doa agar Operasi Patuh tahun 2022 yang dilaksanakan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Hadir dalam pasukan Apel Gelar tersebut antara lain 1 pleton PM Kodim 1603 Sikka, 1 Pleton PM Lanal Maumere, 1 Pleton Provos Brimob Yon B Pelopor Maumere, 1 Pleton Sat Lantas Polres Sikka, 1 Pleton Staf Gabungan Polres Sikka, 1 Pleton Gabungan Sat Intel Dan Sat Reskrim serta 1 Pleton Dinas Perhubungan Kab. Sikka dan Jasa Raharja Maumere.