Polres Sikka Gelar Bimbingan Teknis Bagi Personel Pengamanan TPS Pemilu 2024

Polres Sikka Gelar Bimbingan Teknis Bagi Personel Pengamanan TPS Pemilu 2024

Tribratanewssikka.com - Maumere • Kepolisian Resor Sikka menggelar bimbingan teknis (bimtek) petugas pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) diselenggarakan di Aula SCC Maumere, Selasa (06/02/2024). Pagi

Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M., memaparkan menjelang hari pencoblosan pesta demokrasi 2024 (pemilu) agar anggota menguasai situasi, memahami tugas dan tanggung jawab sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur dalam pengamanan.

Tugas utama PAM TPS ini adalah bagaimana kegiatan Pemungutan Suara pada 14 Februari 2024 nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar. Diharapkan dapat melaporkan munculnya gangguan apapun yang kiranya akan mengganggu kelancaran petugas TPS dalam melakukan pemungutan suara hingga perhitungan suara, ”tegasnya.

Sesuai dengan pemetaan TPS di masing-masing wilayah, Ada 3 kategori TPS yaitu : Kurang rawan, Rawan dan Sangat Rawan.

 

“Para petugas pengamanan ini akan dibagi ke beberapa TPS untuk satu personil yang bertugas di masing-masing kategori TPS tersebut" ucapnya.

 

Ia menjelaskan bahwa seluruh personil yang bertugas akan melaporkan setiap saat situasi yang terjadi pada setiap TPS melalui aplikasi yang telah disiapkan, gunanya, untuk mengetahui secara jelas keadaan di tiap TPS. 

 

“Tujuan dari bimbingan teknis ini sebagai modal dari personel yang tersprin dalam Operasi Turangga 2024 terutama yang melibatkan pengamanan di TPS sehingga mempunyai gambaran dan pemahaman apa yang harus dilakukan jika terjadi sesuatu di TPS sehingga kegiatan di TPS berlangsung aman dan kondusif,” jelasnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut pejabat dari Kantor KPU dan Kantor Bawaslu, Waka Polres Sikka Kompol Ruly J.P. Pahroen, S.Sos, S.I.K, Pejabat Utama Polres Sikka, Kapolsek jajaran serta Anggota Polres dan Polsek jajaran yang terlibat sprint Ops Mantap Brata 2024.