Polres Sikka Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024

Polres Sikka Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024

Tribratanewssikka.com, Maumere - Kepolisian Resor Sikka menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral untuk kesiapan pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru)

Rakor yang berlangsung di ruang rapat Polres Sikka, Senin (18/12) pagi ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M.

Hadir mendampingi Kapolres yaitu Sekretaris Daerah Kab. Sikka Robertus Ray dan Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K. Turut hadir dalam rapat tersebut Kabag Ops Polres Sikka AKP Syafrudin, Pasi Ops Brimob Yon B Pelopor Maumere AKP Ximenes, Kasat Intelkam Polres Sikka Iptu Suparjo, S.Sos., Pasi Intel Kodim Letda Nyoman Minggu Diana, Romo Vikjen Keuskupan Maumere RP Jenti, O.Carm, Kadishub Kab. Sikka Mauritius Minggo, ST, MT, Kepala PELNI Maumere Jhon Ola, Kepala KSOP Pelabuhan LSay Maumere, Kasubag TU Bandara Frans Seda Maumere, Perwakilan Basarnas Maumere, PLN Maumere, dan Perwakilan GP Ansor Maumere.

Kapolres Sikka dalam sambutannya mengatakan rapat koordinasi ini dilakukan untuk menyamakan persepsi baik antara pemerintah daerah, TNI maupun instansi terkait. Hal ini dilakukan agar terjadi keterpaduan gerak langkah di lapangan, sehingga tidak terjadi miskomunikasi baik dari segi data maupun kecepatan dan keterbukaan informasi.

“Sehingga ketika muncul permasalahan serius dapat diantisipasi secara cepat dan tepat,” ungkapnya.

Rakor ini dilaksanakan sebagai wujud kesiapan baik Polri, pemerintah daerah, TNI, maupun instansi terkait dalam menghadapi perayaan Nataru.

Polri dalam rangka menghadapi perayaan nataru akan menggelar operasi kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia yaitu Operasi Lilin 2023. Operasi ini akan dilaksanakan selama 12 hari, terhitung sejak tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024.

“Untuk kesiapan dimaksud, Polri lewat pelaksanaan rapat koordinasi ini mengharapkan adanya peran semua pihak untuk bersama-sama bekerja sesuai dengan bidang tugas masing-masing demi untuk kelancaran pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru khususnya di Nian Tana Sikka,” harapnya.

Kapolres berharap rakor ini dapat digunakan untuk menyiapkan kesiapan-kesiapan semua pihak terkait, sehingga apa yang menjadi kendala dan hambatan akan dapat teratasi. Sehingga saat pelaksanaan perayaan Nataru dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama yaitu aman dan lancar.