Polres Sikka Laksanakan Apel Gelar Pasukan “Operasi Keselamatan Turangga 2022”

Polres Sikka Laksanakan Apel Gelar Pasukan “Operasi Keselamatan Turangga 2022”
Polres Sikka Laksanakan Apel Gelar Pasukan “Operasi Keselamatan Turangga 2022”

Tribaratanewssikka.com, Maumere – Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K. Pimpin Apel Gelar Pasukan Oprasi Keselamatan Turangga 2022 yang berlangsung di lapangan apel Polres Sikka pada hari Selasa, 1/3/2022 Pukul 08.00 wita.


Apel gelar pasukan yang dilksanakan oleh Polres Sikka ini bertujuan dalam rangka cipta kondisi kemanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) diwilayah Kabupaten Sikka tahun 2022.

 

Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan ini dihadiri oleh Dandim 1603 Sikka Letkol Inf. Muhammad Djafar, Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoge Pariyadi, M. Tr. Hanla., M.M., CTMP. Wadanyon Brimob Pelopor Maumere Kompol Gojal Putra Malemba, S.Ip., S.I.K. dan Kadis Perhubungan Maumere.

 

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Sikka membacakan amanat Kapolda NTT mengatakan “permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.  Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Perkembangan  Transportasi saat ini telah memasuki era digital, dimana Oprasional Order angkutan publik sudah berada dalam genggaman cukup menggunakan Hendphone.

 

Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi dampak yang akan timbul dari moderenisasi transportasi tersebut dengan terus berupaya melaksanakan Program Kapolri PRESISI (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan).

 

Sesuai amanat UUD  nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan diharap Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini  adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Polri khususnya Polantas diharapkan untuk:

 

1) mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan ketertiban serta kelancaran berlalu lintas ( kamseltibcar);
2) meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas ;
3) membangun budaya tertib berlalu lintas; dan
4) meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

 

Keempat tugas dan tanggung jawab tersebut, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak.

 

Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu ditunjukkan dari kesadaran pengguna lalu lintas baik pejalan kaki pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

 

Dalam data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda NTT berdasarkan aplikasi IRSMS (integrated road safety managemen system) yang dikelola oleh Ditlantas Polda NTT pada tahun 2021 sebanyak 1.191 kejadian, korban meninggal dunia 375 orang, luka berat 429 orang, luka ringan 1.408, di bandingkan tahun 2020 sebanyak 1.125 kejadian, terjadi kenaikan sebanyak 66 kejadian atau naik 6 persen.

 

Jumlah pelanggaran lalu lintas pada tahun 2021 sejumlah 16.711 pelanggaran dibandingkan tahun 2020 sejumlah 22.901 pelanggaran terjadi penurunan sejumlah 6.190 pelanggaran atau menurun 27 persen.

 

Oprasi keselamatan ini merupakan jenis oprasi Harkamtibmas yang  mengedepankan kegiatan Preemtif, Preventif dan Persuasif serta Humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan Prokes Covid – 19, dengan sasaran meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu Kamseltibcar lantas serta penyebaran Covid – 19.

 

Diharapkan Oprasi keselamatan tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap prokes Covid-19.

 

Mengahiri amanatnya “ dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat tuhan Yang Maha Esa, saya mengucapkan Selamat melaksanakan tugas oprasi Kepolisian dengan sandi Oprasi Keselamatan Turangga 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjuk kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas dan pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara serta Polri yang kita cintai. (h17)